G7 Sepakat Beri Batasan Harga Minyak Rusia, Begini Reaksi Kremlin

Aditya Pratama ยท Minggu, 04 September 2022 - 20:06:00 WIB
G7 Sepakat Beri Batasan Harga Minyak Rusia, Begini Reaksi Kremlin
Anggota G7 sepakat mengenakan batas harga pada minyak Rusia. Kremlin menyebut akan berhenti menjual minyak ke negara yang berlakukan batasan harga. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Anggota G7 sepakat mengenakan batas harga pada minyak Rusia. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk memukul kemampuan Moskow untuk membiayai perang di Ukraina.

Mengutip BBC, para menteri keuangan negara anggota G7 mengatakan, pembatasan minyak mentah dan produk minyak bumi juga akan membantu mengurangi harga energi global. Batasan ini akan ditetapkan pada tingkat berdasarkan berbagai masukan teknis.

"Kami akan terus mendukung Ukraina selama yang diperlukan," tulis keterangan G7 dikutip, Minggu (4/9/2022).

Menanggapi batasan harga tersebut, Rusia mengatakan akan berhenti menjual minyak ke negara-negara yang memberlakukan batasan harga.

"Perusahaan yang memberlakukan batas harga tidak akan termasuk di antara penerima minyak Rusia," ucap Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

G7 yang terdiri dari Inggris, AS, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang merupakan organisasi dari tujuh ekonomi maju terbesar di dunia yang mendominasi perdagangan global dan sistem keuangan internasional.

Pada pertemuan virtual mereka, para menteri keuangan mengatakan rencana pembatasan harga minyak dirancang secara khusus untuk mengurangi pendapatan Rusia dan kemampuannya untuk mendanai perang agresi. Mereka juga mengatakan ingin meminimalkan dampak ekonomi yang merusak dari konflik, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda