INACA Sebut Terjadi Fenomena Menarik di Penerbangan Nasional saat Pandemi, Apa Itu?

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 07 Desember 2021 - 17:43:00 WIB
INACA Sebut Terjadi Fenomena Menarik di Penerbangan Nasional saat Pandemi, Apa Itu?
INACA sebut terjadi fenomena menarik di penerbangan nasional saat pandemi, apa itu?. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Maskapai Penerbangan Nasional atau INACA menyatakan, terjadi fenomena menarik dalam penerbangan nasional saat pandemi Covid-19. Hal itu mengindikasikan pasar transportasi udara tetap menarik dan diharapkan bisa segera pulih.

"Akibat pandemi banyak maskapai nasional berhenti beroperasi atau mengurangi kapasitas produksinya. Namun di sisi lain, banyak maskapai baru yang muncul dengan performa yang baik. Ini fenomena menarik," kata Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja dalam keterangannya di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (7/12/2021). 

Dia menjelaskan, pandemi yang berlangsung selama kurang lebih 2 tahun telah berdampak sangat besar terhadap sektor transportasi udara di Tanah Air. Pembatasan mobilisasi masyarakat untuk menghambat penyebaran Covid-19 memberi imbas pada menurunnya jumlah penumpang pesawat. 

Berkurangnya jumlah pesawat, pada akhirnya berdampak pada pendapatan maskapai penerbangan. Kinerja keuangan perusahaan penerbangan pun menjadi menurun.

Karena itu, menurut dia, perusahaan penerbangan harus melakukan berbagai upaya pemulihan yang akan berdampak pada keberlanjutan bisnisnya untuk tetap memberikan layanan transportasi. Pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien menjadi salah upaya untuk menekan biaya supaya keberlangsungan usaha tetap terjaga.

Sementara itu, dia menambahkan, berkurangnya jumlah armada membutuhkan pengelolaan yang baik untuk dapat memenuhi permintaan pasar penumpang dan kargo.

"Dengan demikian, operasional penerbangan dapat berjalan efektif, efisien dan maskapai mendapatkan pendapatan yang baik sebagai bekal untuk melakukan pertumbuhan pascapandemi," ujar Denon.

Menurut kertas putih INACA bekerja sama dengan Universitas Padjajaran, penerbangan domestik Indonesia akan mulai pemulihan pada tahun depan dan optimal seperti sebelum pandemi di 2024. Sedangkan penerbangan internasional diprediksi mulai pulih pada 2023 dan optimal 2026.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: