Indeks Pengembangan Pariwisata Indonesia Meningkat, Luhut: Pertama Kalinya Lampaui Thailand dan Malaysia

Heri Purnomo · Jumat, 09 September 2022 - 12:44:00 WIB
Indeks Pengembangan Pariwisata Indonesia Meningkat, Luhut: Pertama Kalinya Lampaui Thailand dan Malaysia
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Indeks Pengembangan Perjalanan dan Pariwisata Indonesia meningkat melampaui Thailand dan Malaysia. (Foto: tangkapan layar) 

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Travel and Tourism Development Index atau Indeks Pengembangan Pariwisata dan Perjalanan Indonesia meningkat dari 4,2 ke 4,4. 

Menurut dia, peningkatan tersebut membuat peringkat Indonesia melesat dari peringkat 44 menjadi peringkat 32, mengalahkan Thailand dan Malaysia. 

"Untuk pertama kalinya peringkat Indonesia melampaui Thailand dan malaysia," kata Luhut dalam sambutannya secara virtual di acara Forum Investasi 5 Destinasi Super Prioritas di Labuan Bajo, NTT pada Jumat, (9/9/2022).

Dia menjelaskan, dengan adanya peningkatan peringkat Indonesia tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi pariwisata di Indonesia untuk menyakinkan para investor untuk berinvestasi di sektor pariwisata Indonesia. 

Saat ini, lanjutnya, pemerintah fokus terhadap pengembangan 5 destinasi wisata super prioritas. Pengembangan lima destinasi tersebut merupakan salah satu program strategis nasional sehingga pembangunan infrastruktur dan fasilitasnya diprioritaskan.

Oleh sebab itu Luhut meminta kepada Menteri Investasi untuk menjaga kepercayaan kepada investor dan mendorong kemudahan berinvestasi dengan tetap memperhatikan lingkungan dan kearifan lokal. 

"Kiranya Menteri Investasi dan Kepala Daerah agar dapat memfasilitasi percepatan realisasi investasi,  meningkatkan promosi investasi,  dan memberikan pemberian insentif kepada para investor yang akan masuk," ungkap Luhut. 

Selain itu, Luhut juga meminta kepada Menteri pariwisata untuk meningkatkan promosi pariwisata dan menyelenggarakan event secara masih. 

"Kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar meningkatkan promosi pariwisata dan menyelengarakn event secara masih, melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan memperkuat tata kelola destinasi," tutur Luhut. 

Dia menambahkan, realisasi investasi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia hingga kuartal I 2022 tercatat mencapai Rp5,31 triliun.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda