Ini Cara David Bangun Hairum, Brand Shampo Lokal untuk Generasi Muda
Merintis Hairum Lebih dari Sekadar Sukses: David Bangun Makna di Setiap Langkah
Jika berbicara soal merintis usaha di usia muda, David mengatakan bahwa perasaannya cukup campur aduk. menurutnya, menjalani profesi entrepreneur tidak semudah melontarkan kata-kata.
Ada risiko yang harus ditempuh, rasa lelah yang dihadapi, namun ia tidak dapat memungkiri, bahwa pengalaman yang diperoleh memang luar biasa.
Alhasil, David mengungkap bahwa pelajaran terbesar yang dia didapatkan dari hal tersebut adalah jangan memulai bisnis hanya untuk mencari untung.
“Jangan jalani bisnis hanya untuk cari cuan. Harus ada value atau nilai yang kita bisa hadirkan. Ketika kita tahu alasan di balik langkah awal kita, akan lebih mudah untuk bertahan menghadapi proses yang kadang terasa melelahkan,” kata David.
Menurut David, value atau nilai dalam bisnis adalah elemen fundamental yang menentukan arah dan keberlanjutan suatu usaha.
Memiliki nilai yang jelas dalam bisnis tidak hanya penting untuk membedakan produk atau layanan, tetapi juga untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya.
Contohnya, saat merintis Hairum, value yang ditawarkan adalah menemukan kepercayaan diri.
“Hairum itu soal rasa. Bukan sekadar rambut bersih, tapi perasaan setelahnya, ketika kamu keluar kamar mandi dan ngerasa, ‘gue siap menghadapi hari ini’. Kita nggak jual ‘solusi masalah rambut’, kita menjual momen nyaman yang bikin kamu ngerasa lebih percaya diri,” ujarnya.