Ini Contoh Ekonomi Kreatif dari Berbagai Subsektor, Simak Yuk!

Inas Rifqia Lainufar ยท Rabu, 28 September 2022 - 14:06:00 WIB
Ini Contoh Ekonomi Kreatif dari Berbagai Subsektor, Simak Yuk!
Contoh ekonomi kreatif. Tampak seorang perajin tengah membuat kerajinan tangan (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Simak deretan contoh ekonomi kreatif dari berbagai subsektor. Sebagian besar dari contoh ini dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Ekonomi kreatif sendiri merupakan ekonomi yang menitikberatkan pada ide, pengetahuan, dan kreativitas untuk menghasilkan suatu produk. Tiap tahunnya, kontribusi ekonomi kreatif pada perekonomian nasional semakin meningkat.

Pertumbuhan sektor ekonomi kreatif di Indonesia pada 2015 bahkan mencapai 5,76 persen dan diprediksi akan terus mengalami kenaikan. Maka dari itu, pemerintah begitu serius mengelola sektor ini.

Adapun contoh ekonomi kreatif yang patut untuk diketahui adalah sebagai berikut.

Contoh ekonomi kreatif

1.Film, fotografi, dan videografi

Pada subsektor ini, seseorang bisa berkreasi menghasilkan karya berupa film, video untuk diunggah di YouTube atau foto hasil jepretan sendiri. Karya-karya tersebut tentu saja bisa menjadi sumber penghasilan jika dimonetisasi dengan tepat.

2.Game dan aplikasi

Memasuki era digital, segala hal kini bisa didigitalisasi, termasuk game atau layanan tertentu. Layanan seperti pesan antar makanan, e-commerce, menonton video, dan lain-lain bisa disajikan untuk konsumen yang ingin mengaksesnya melalui ponsel mereka.

Begitu pula dengan game yang begitu digandrungi di Indonesia, sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk itu, kemampuan dalam bidang teknologi begitu dibutuhkan jika ingin memulai bisnis kreatif pada subsektor ini.

3.Kerajinan tangan

Tak banyak orang yang bisa membuat kerajinan tangan, seperti jam tangan dari kayu, kursi yang diukir, baju dari kain perca, hingga topi dari anyaman bambu. Maka dari itu, seseorang dengan bakat mumpuni dalam membuat kerajinan tangan bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis.

Karena dibutuhkan kreativitas yang tinggi, maka jenis bisnis ini tergolong ke dalam ekonomi kreatif. Menariknya, subsektor ekonomi kreatif jenis ini tak pernah sepi peminat.

4.Musik

Mengingat musik begitu melekat dengan kehidupan manusia, subsektor ekonomi kreatif ini tentu begitu menjanjikan. Maka dari itu, tak heran jika musisi muda terus bermunculan setiap harinya.

Kini, lagu-lagu menarik ciptaan para musisi selalu menghiasi lini masa media sosial. Lagu yang akhirnya sampai di telinga pendengar tersebut tentu telah melewati tahap penuangan ide kreatif yang matang. 

5.Fesyen

Tak hanya sebagai pelindung tubuh, fungsi fesyen kini juga berkaitan dengan penanda status sosial. Maka dari itu, industri ini tak pernah sepi peminat.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan produk-produk fesyen terbaik. Namun jika ingin produkmu begitu digandrungi, kamu harus mengikuti tren fesyen yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda