Jadi Penambang Bitcoin, Pemuda 19 Tahun Digaji Rp783 Juta Setahun

Aditya Pratama ยท Senin, 02 Agustus 2021 - 06:35:00 WIB
Jadi Penambang Bitcoin, Pemuda 19 Tahun Digaji Rp783 Juta Setahun
NIcks Sears, penambang Bitcoin yang digaji ratusan juta dalam setahun. Foto: CNBC

WASHINGTON, iNews.id - Nick Sears, pemuda berusia 19 tahun ini memilih menjadi penambang Bitcoin. Dengan menjadi penambang Bitcoin, penghasilannya dalam setahun mencapai 54.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp783,5 juta. 

Sebelum menjadi penambang Bitcoin, saat berusia 17 tahun, Sears sudah membantu membangun pertanian penambangan Bitcoin di Dallesport, Washington. Ketika usianya 18 tahun, dia membeli Bitcoin untuk pertama kalinya karena diizinkan secara hukum. 

Dengan menjadi penambang Bitcoin, Sears bekerja di sebuah ruangan di dalam pusat data yang menampung 4.500 Application Specific Integrated Circuit (ASIC) yang berputar. ASIC adalah hardware khusus untuk penambangan Bitcoin. Mesin tersebut menghasilkan kebisingan masing-masing sekitar 80 desibel.

"Ruangan saya kedap suara. Jadi saya tidak mendengar mesin ketika saya menutup pintu, tetapi pasti berisik jika saya membuka pintu," katanya, dikutip dari CNBC, Senin (2/8/2021). 

Sears telah menghabiskan waktunya selama dua tahun terakhir mempelajari cara kerja mesin penambangan dan cara memperbaikinya secara otodidak. Dia percaya pengetahuannya di bidang penyolderan dan elektronik lebih berharga baginya dibanding gelar universitas. 

"Saya tidak berpikir untuk kuliah, hanya ingin mengejar pengetahuan lebih banyak dalam memperbaiki mesin penambangan," ujarnya, yang bekerja di SCATE Ventures. 

Dia telah mengikuti kursus pelatihan online dari teknisi China yang bekerja untuk Bitmain, yang telah membantunya memperbaiki peralatan pertambangan khusus. Bulan lalu, Sears dan karyawan lain menyelesaikan kelas virtual bersama Bitmain untuk mempelajari cara kerja pada chip ASIC di papan hash, serta catu daya S17, salah satu mesin paling populer yang sekarang digunakan untuk mencetak Bitcoin. 

"Saya memiliki sertifikasi pemeliharaan perbaikan, saya juga baru saja menyempurnakan keterampilan saya di kategori itu. Ini mengesahkan pengetahuan saya dan memberi saya akses untuk membeli persediaan dan material secara langsung melalui Bitmain," tutur Sears.

Dia pun akan menghadiri kelas tatap muka di Atlanta, Georgia untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyolderan. “Bagian yang sulit adalah mempelajari cara menyolder dan membongkar papan sirkuit,” imbuhnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2 3