Jika Skema Subsidi Diubah, Siap-siap Harga LPG 3 Kg Naik

Athika Rahma · Rabu, 19 Januari 2022 - 15:11:00 WIB
Jika Skema Subsidi Diubah, Siap-siap Harga LPG 3 Kg Naik
Jika skema subsidi diubah, siap-siap harga LPG 3 kg naik. (Foto: Antara) 

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menggodok perubahan skema penyaluran subsidi LPG 3 kilogram (kg) agar tepat sasaran. Namun konsekuensi dari perubahan skema ini bisa membuat harga LPG 3 kg naik.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, subsidi LPG ini nantinya akan bersifat tertutup. Implementasinya menunggu data penerima yang akurat dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Rencana LPG tepat sasaran ini berdasarkan hasil rapat di Banggar (Badan Anggaran) DPR, penyaluran subsidi LPG 3 kg, direkomendasikan tertutup berdasarkan DTKS (Data Terbaru Kesejahteraan Sosial) Kemensos," kata Soerja dalam konferensi pers, Rabu (19/1/2022).

Jika DTKS Kemensos sudah akurat, dia menuturkan, tinggal Presiden Joko Widodo memberikan keputusan apakah subsidi akan diterapkan atau tidak.

"Pada saat DTKS itu akurat, kita menunggu keputusan Pak Presiden, apakah ini (subsidi) akan diterapkan. Memang, konsekuensi penyaluran subsidi tepat sasaran adalah kenaikan harga LPG 3 kg," ujarnya.

Dia menjelaskan, sudah ada uji coba penyaluran LPG 3 kg tepat sasaran di beberapa kota, namun Soerja tak merinci di wilayah mana saja. Uji coba itu dilakukan di bawah koordinasi Badan Perencaa Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Sudah uji coba di bawah koordinasi Bappenas dan direncanakan Pertamina," ucapnya.

Kementerian ESDM juga akan berhati-hati agar subsidi ini tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. Soerja mengatakan, pemerintah ingin agar daya beli masyarakat masih terjaga.

"Yang pastinya perlu keputusan Presiden untuk menentukan distribusi tertutup ini bisa dilaksanakan atau belum," kata dia.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda