Kejatuhan 11 Miliarder Paling Dramatis, Nomor 10 Berakhir Tragis

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 25 November 2022 - 06:43:00 WIB
Kejatuhan 11 Miliarder Paling Dramatis, Nomor 10 Berakhir Tragis
Sam Bankman-Fried, salah satu miliarder yang mengalami kejatuhan paling tragis. Foto: Reuters

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah miliarder dunia mengalami kejatuhan yang dramatis. Ada yang mengalami kehancuran finansial, dipenjara hingga mengakhiri hidupnya. 

Terbaru adalah kejatuhan bursa kripto yang pernah menjadi kedua terbesar di dunia milik Sam Bankman-Fried, FTX. Selain dia, ada beberapa miliarder lain yang nasibnya tak kalah miris darinya:

Dikutip dari Forbes, berikut 11 miliarder yang mengalami kejatuhan paling dramatis:

1. Sam Bankman-Fried

Kekayaan bersih terbesar: 26 miliar dolar AS pada Maret 2022 
Estimasi kekayaan bersih sekarang: nol

Hanya dalam beberapa hari, pendiri dan mantan CEO FTX berusia 30 tahun itu berubah nasibnya dari salah satu 50 orang terkaya di Amerika dan tokoh kripto paling berpengaruh menjadi jatuh miskin karena keruntuhan kripto terbesar. 

FTX, FTX AS dan Alameda Research mengajukan kebangkrutan pada Jumat (11/11/2022). Bankman-Fried mengundurkan diri sebagai CEO pada hari yang sama. 

Sementara dampak dari kebangkrutan FTX menyebabkan beberapa miliarder lain telah jatuh sejauh dan secepat Bankman-Fried. Perusahaannya kini sedang dalam penyelidikan Departemen Kehakiman dan SEC, serta otoritas lokal di Bahama.

2. Kanye West

Kekayaan bersih terbesar: 2 miliar dolar AS pada April 2022
Estimasi kekayaan bersih sekarang: 400 juta dolar AS

Setelah West melontarkan serangkaian komentar antisemit, teori konspirasi, dan perilaku kontroversial lainnya, rapper dan desainer yang sekarang dikenal sebagai Ye itu diberhentikan oleh mitra bisnis utama Yeezy, Adidas pada Oktober lalu. Sebelumnya Gap juga telah mengakhiri kontraknya dengan West. 

Selain itu, rumah mode Prancis Balenciaga, retail Foot Locker, agen bakatnya CAA dan bankirnya JPMorgan juga melakukan hal yang sama. Terlepas dari kehancuran kerajaan bisnisnya, Ye masih memiliki kekayaan sekitar 400 juta dolar AS dari nilai real estat pribadinya, katalog musik, uang tunai, dan 5 persen saham di Skims, merek shapewear senilai 3,2 miliar dolar AS.

3. Rishi Shah

Kekayaan bersih terbesar: 3,6 miliar dolar AS pada 2017
Estimasi kekayaan bersih sekarang: nol

Rishi Shah adalah pendiri muda putus sekolah dari startup media kesehatan Buzzy Outcome Health, yang mengumpulkan 600 juta dolar AS dengan valuasi 5,6 miliar dolar AS pada Mei 2017. Namun, dalam dua tahun setelah Shah memasuki jajaran miliarder, dia dan dua eksekutif puncak didakwa melakukan penipuan karena diduga mencuri sekitar 1 miliar dolar AS dari klien, pemberi pinjaman, dan investor dengan cara menggambarkan secara keliru kinerja keuangan perusahaan dan keberhasilan produknya. 

Ketiganya mengaku tidak bersalah setelah didakwa pada 2019. Mereka akan diadili pada 2023.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda