Kelompok Pro-Rusia Kumpulkan Kripto Senilai Rp6 Miliar untuk Militer dan Hindari Sanksi AS

Dinar Fitra Maghiszha ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 14:30:00 WIB
Kelompok Pro-Rusia Kumpulkan Kripto Senilai Rp6 Miliar untuk Militer dan Hindari Sanksi AS
Kelompok Pro-Rusia kumpulkan kripto senilai Rp6 miliar untuk militer dan hindari Sanksi AS. (Foto: Istimewa)

Menurut Kepala Urusan Hukum dan Pemerintahan di TRM Labs Ari Redbord, kelompok-kelompok ini kemungkinan menggunakan bursa yang tidak selalu mematuhi peraturan antipencucian uang dan lainnya. 

"Mereka mungkin menggunakan bursa yang tidak sesuai untuk meningkatkan dana tersebut (menjadi mata uang fiat)," kata Redbord.

Redbord menuturkan, TRM Labs menggunakan kombinasi alamat dompet yang tersedia untuk umum serta memeriksa silang situs web dan aktivitas online lainnya untuk mengidentifikasi kelompok yang terkait dengan Rusia. Namun, dia mengatakan, tidak mungkin untuk mengetahui apakah kelompok-kelompok ini bekerja dengan pemerintah Rusia atau didukung oleh Kremlin.

mata uang kripto telah menjadi sorotan selama perang Rusia dan Ukraina. Ukraina telah mencari sumbangan melalui koin digital, yang dapat dikirim dengan cepat ke seluruh dunia. Tapi kripto juga digunakan oleh kelompok militer Rusia.

"Saya pikir bagian yang menarik dari cerita ini adalah bahwa kripto hanyalah bentuk pembayaran dalam kasus ini. Ini adalah cara untuk memindahkan dana. Dan ada contoh digunakan untuk kebaikan dan contoh digunakan untuk hal buruk dalam konteks ini," tuturnya. 

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda