Kemenhub Buka 16 Bandara untuk Penerbangan Internasional, 5 di Antaranya untuk Keberangkatan Haji

Heri Purnomo ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 16:37:00 WIB
Kemenhub Buka 16 Bandara untuk Penerbangan Internasional, 5 di Antaranya untuk Keberangkatan Haji
Aktivitas di Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) . (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan menetapkan 16 bandara sebagai pintu masuk atau entry point bagi rute penerbangan Internasional atau Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Hal ini berlaku mulai 17 Juli 2022 sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 22 ahun 2022 yang oleh Kemenhub dibuat aturan turunannya dalam bentuk SE Nomor 71 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, tidak semua 16 bandara tersebut dapat melayani seluruh rute internasional. Sebagian hanya diperuntukkan untuk kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci Makkah.

"Kalau untuk 16 (bandara) itu, lima di antaranya hanya untuk haji. Itu hanya berlaku sampai awal Agustus," ujar Adita saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Di sisi lain, dirinya belum bisa memerinci lebih lanjut terkait mana saja bandara yang khusus diperuntukkan untuk kepulangan haji.

Kemenhub juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) agar operasional kelima bandara tersebut sesuai dengan yang telah ditentukan, termasuk untuk penyediaan layanan vaksin booster.

"Kalau untuk bandara yang bergerak spesial untuk haji, kita sudah siapkan untuk adanya vaksinasi di entry point. Untuk yang berangkat maupun yang akan datang, itu juga diberikan vaksinasi jika memang ketentuannya harus melakukan hal tersebut," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda