Kena PHK, Kelola Uang Pesangon dengan Tepat

Okezone ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 05:15 WIB
Kena PHK, Kelola Uang Pesangon dengan Tepat

Setiap karyawan harus mempersiapkan perencanaan keuangan dengan matang dalam menghadapi PHK. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat segala sesuatu menjadi tidak pasti. Bahkan, pekerja yang sudah lama pun bisa terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena perusahaan terdampak pandemi Covid-19.

Untuk itu, setiap karyawan harus mempersiapkan perencanaan keuangan dengan matang. Bila terkena PHK, semua rencana kehidupan bisa berantakan.

Pekerja yang terkena PHK sesuai peraturan berhak mendapatkan uang pesangon. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Uang pesangon inilah yang harus dikelola dengan tepat. Perencana Keuangan Oneshildt Financial Planning, M Andoko mengatakan, harus bijak dalam mengelola uang pesangon. Tak dipungkiri uang pesangan jumlahnya berkali lipat dari gaji bulanan yang biasa diterima.

"Jadi nanti ketika di-PHK harus mendata pengeluaran mana yang perlu dikurangi atau tidak," kata Andoko.

Setelah mendata beberapa kebutuhan pokok, lanjut dia, seseorang mungkin bisa mengivestasikan sejumlah uang pesangon yang diterima dengan cara berinvestasi. Salah satunya dengan membeli Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

"Sekarang pemerintah lagi menerbitkan yang namanya ORI. Itu di-lock 3 tahun. Dia bisa mendapatkan return besar dengan suku bunga sekitar 6,4 persen," ujarnya.

Para pekerja yang terkena PHK juga bisa mengelola uang dengan membuka usaha. Tentunya dengan perhitungan yang matang dan melihat peluang pasar.

Editor : Dani Dahwilani