Kenapa China Tolak Sanksi Ekonomi untuk Rusia?

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 09 Maret 2022 - 06:45:00 WIB
Kenapa China Tolak Sanksi Ekonomi untuk Rusia?
Kenapa China tolak sanksi ekonomi untuk Rusia? (Foto: Ilustrasi/Reuters)

BEIJING, iNews.id - Kenapa China tolak sanksi ekonomi untuk Rusia? Sejumlah negara, yang dipimpin negara Barat telah menjatuhkan sanksi ekonomi menyusul invasi negara Beruang Putih tersebut ke Ukraina

China yang telah menolak untuk mengutuk invasi Rusia ke Ukraina telah berulang kali mengkritik apa yang disebutnya sebagai sanksi ilegal dan sepihak. Karena itu, regulator perbankan China menegaskan tidak akan bergabung dengan negara lain untuk memberikan sanksi terhadap Rusia. 

"Sejauh menyangkut sanksi keuangan, kami tidak menyetujuinya, terutama sanksi yang diluncurkan secara sepihak karena tidak berjalan dengan baik dan tidak memiliki dasar hukum," kata Ketua Komisi Regulasi Perbankan dan Asuransi China Guo Shuqing, dikutip dari Reuters, Rabu (9/3/2022). 

"Kami tidak akan ikut serta dalam sanksi seperti itu. Kami akan terus menjaga kerja sama ekonomi dan perdagangan yang normal dengan pihak-pihak terkait," imbuhnya. 

Selain menganggap sanksi ekonomi ke Rusia adalah tindakan yang tidak punya dasar hukum, kenapa China tolak sanksi ekonomi ke Rusia karena kedekatan antara kedua negara tersebut. China dan Rusia telah tumbuh semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk sebagai mitra dagang

Menteri Luar Negeri China Wang Yi menyebut Rusia sebagai mitra strategis paling penting di dunia. Bahkan China telah memutuskan hubungan dengan Amerika Serikat, Eropa, dan lainnya yang telah menjatuhkan sanksi terhadap Rusia karena invasinya ke Ukraina. 

China menyatakan, sanksi menciptakan masalah baru dan mengancam penyelesaian politik konflik.

"Tidak peduli seberapa berbahayanya lanskap internasional, kami akan mempertahankan fokus strategis kami dan mempromosikan pengembangan kemitraan komprehensif China-Rusia di era baru. Persahabatan antara kedua bangsa sangat erat," tutur Wang pada konferensi pers di sela-sela pertemuan tahunan parlemen seremonial China, dikutip dari News Indian Express.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda