Kerja Sama dengan Indodana, MNC Bank Dorong Inklusi Keuangan ke Seluruh Lapisan Masyarakat

Jeanny Aipassa · Kamis, 14 Oktober 2021 - 19:31:00 WIB
Kerja Sama dengan Indodana, MNC Bank Dorong Inklusi Keuangan ke Seluruh Lapisan Masyarakat
PT Bank MNC Internasional Tbk dan PT Artha Dana Teknologi (Indodana) melakukan Penandatanganan Kerja Sama Penerusan Pemberian Fasilitas Pinjaman (channeling), di Jakarta, Kamis (14/10/2021) . (Foto: istimewa0

JAKARTA, iNews.id – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) di bawah naungan MNC Group, mendorong inklusi keuangan ke seluruh lapisan masyarakat. 

Hal itu, diwujudkan MNC Bank melalui kerja sama dengan PT Artha Dana Teknologi (Indodana), yang memiliki layanan financial technology (fintech) atau pinjaman online (pinjol), dan bisnis paylater dengan e-commerce, serta kerja sama dengan lebih dari 1.000 merchant dan gerai offline. 

Pada Kamis (14/10/2021), telah dilakukan Penandatanganan Kerjasama Penerusan Pemberian Fasilitas Pinjaman (channeling) antara PT Bank MNC Internasional Tbk dengan PT Artha Dana Teknologi (Indodana). 

BABP diwakili oleh Bapak Iwan Hari Artanto selaku Multifinance & BPR Group Head, Bapak Denny Hanubrata selaku Direktur Bisnis dan Indodana diwakili oleh Bapak Ronny Wijaya selaku Presiden Direktur dan Jerry Anson selaku Direktur.

“Kerja sama antara PT Bank MNC Internasional Tbk dengan Indodana selaras dengan salah satu fokus bisnis bank, mendorong inklusi keuangan ke seluruh lapisan masyarakat," kata Denny Hanubrata, Direktur Bisnis MNC Bank, di Jakarta, Kamis (14/10/2021). 

Menurut dia, pilihan kerja sama dengan Indodana didasarkan pada jaringan bisnis dan akses keuangan perusahaan platform paylater terkemuka di Indonesia itu. Indodana telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara Fintech Lending sejak 19 Mei 2020.

Melalui kerja sama dengan Indodana, MNC Bank berharap dapat mendorong inklusi keuangan ke berbagai lapisan masyarakat, dengan memanfaatkan akses keuangan dan penyaluran pembiataan Indodana, baik melalui layanan pinjol, paylater, dan kredit offline di ribuan merchant. 

Melalui aplikasi Indodana, pengguna dapat memperoleh limit Paylater hingga 25 juta rupiah yang dapat digunakan untuk belanja secara online dan juga offline di berbagai jaringan e-commerce dan merchant yang menjadi mitra Indodana. 

Indodana mengembangkan bisnis Paylater dengan menggandeng e-commerce dan Payment Gateway terkemuka seperti Tokopedia, Blibli, Tiket.com, Mitra Bukalapak, Elevenia, iStyle, dan Linkaja. 

Selain e-commerce, Indodana juga telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 merchant dan gerai offline lain seperti Hush Puppies, Puma, Polytron, Kalbe, Atria, dan Hartono Elektronik. 

Pada 2021, Indodana telah meningkatkan jangkuan layanannya hingga ke ratusan gerai offline di Indonesia. Menggunakan paylater secara offline sangat mudah dan mirip menggunakan paylater di merchant online. 

Pengguna bisa datang ke gerai-gerai partner Indodana, pilih barang dan tenor cicilan yang diinginkan melalui aplikasi Indodana, lalu verifikasi pembelian tersebut. Hingga tahun 2021, Indodana telah memproses transaksi lebih dari Rp2 trilliun. Aplikasi Indodana telah didownload lebih dari 5 juta kali dan melayani masyarakat di lebih dari 35 kota di Indonesia.

Denny mengungkapkan, banyak cara yang dilakukan MNC Bank untuk mendorong inklusi keuangan ke berbagai lapisan masyarakat. Salah satunya, dengan meluncurkan MotionBanking dengan biometric onboarding-nya, sehingga masyarakat yang belum mempunyai akses ke bank dapat langsung membuka rekening hanya dengan KTP lewat ponsel, hingga berbagai kerja sama yang dilakukan dengan perusahaan fintech/P2P lending, termasuk Indodana.

Iwan Hari Artanto selaku Multifinance & BPR Group Head MNC Bank, mengatakan dengan adanya kerja sama ini diharapkan nantinya layanan perbankan digital MNC Bank, MotionBanking, bisa merangkul pengguna Indodana. 

"Salah satunya dengan cara mempromosikan layanan MotionBanking dan pengajuan kartu kredit MNC Bank. Hal ini dimungkinkan karena MotionBanking dirancang dengan open API untuk integrasi secara seamless dengan platform digital pihak ketiga, seperti Indodana, yang akan mendorong inklusi keuangan menjadi lebih baik,” ujar Iwan.

Presiden Direktur Indodana, Ronny Wijaya, mengatakan kerja sama dengan MNC Bank adalah bukti kerja sama nyata antara Bank dan Fintech dalam upaya percepatan inklusi keuangan serta memperluas akses pembiayaan berbasis digital kepada masyarakat Indonesia.

"Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan MNC Bank untuk melakukan kerja sama penerusan pinjaman," ujar Ronny. 

Sementara Jerry Anson selaku Direktur Indodana, mengatakan pihaknya menyambut positif kolaborasi dengan MNC Bank, yang menjadi salah satu pelopor Bank Digital di Indonesia melalui platform MotionBanking. 

"Saya berharap kerja sama ini adalah awal mula dari kerja sama jangka panjang dimana kami bisa bersama-sama memajukan industri keuangan digital di Indonesia dengan meningkatkan akses produk keuangan digital seperti layanan paylater yang dapat diintegrasikan secara mendalam di banyak platform seperti di layanan platform digital banking seperti MotionBanking. Besar harapan kami untuk bisa terus mengembangkan kerja sama ini dengan MNC Bank,” ujar Jerry.

MNC Bank baru-baru ini juga meluncurkan aplikasi digital banking MotionBanking merupakan salah satu market leader dalam layanan perbankan digital yang dipersonalisasi.  MotionBanking dibangun menggunakan sistem Open API, sehingga dapat mengintegrasikan berbagai layanan keuangan dari pihak ketiga. 

Selain kerja sama channeling ini, kedepan MotionBanking juga akan mengintegrasikan layanan Indodana ke dalam MotionBanking, untuk memperlengkap layanan keuangan di MotionBanking sehingga menjadi
aplikasi layanan keuangan digital all-in-one.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: