Kunci Sukses Bisnis di Usia Muda Gadis yang Kantongi Omzet Rp100 Juta Sehari

Dinar Fitra Maghiszha ยท Minggu, 15 Mei 2022 - 09:18:00 WIB
Kunci Sukses Bisnis di Usia Muda Gadis yang Kantongi Omzet Rp100 Juta Sehari
Kunci sukses bisnis di usia muda Nadine Fatia yang kantongi omzet Rp100 juta sehari. Foto: YouTube Kawan Dapur

JAKARTA, iNews.id - Nadine Fatia sukses bisnis camilan di usia 21 tahun. Usaha yang dijalani sejak pandemi Covid-19 masih terbilang baru, namun kini omzet yang dikantongi bisa mencapai Rp50 hingga Rp100 juta sehari. 

Dia mengatakan, memulai usaha camilan baso goreng (basreng) dan aneka camilan lainnya dengan merek Raja Ngemil sejak Juni 2020 lalu secara online. Alasannya membuka usaha ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga lantaran orang tuanya tidak bekerja. 

Dari sisa gaji terakhirnya sebesar Rp300.000, Nadine gunakan untuk membeli bahan baku untuk membuat camilan. Awalnya, dia bersama keluarga membuat camilan di rumah, namun karena aromanya yang menganggu, keluarganya diusir warga. 

"Bikin (camilan) di rumah, aku diusir warga makanya pindah ke sini. Bau katanya, kan rumahku di gang," kata dia dikutip dari YouTube Kawan Dapur, Minggu (15/5/2022). 

Dia menuturkan, awalnya membuat camilan menggunakan katel kecil. Sang ayah yang menggoreng camilan dari pukul 14.00 hingga subuh, sedangkan dia yang memasarkan di media sosial.

"Awal dikerjain sendiri sama keluarga, enggak ada karyawan satu pun mau berapa pun pesanannya waktu itu karena enggak sebanyak sekarang, masih bisa kita handle. Awal bikin 20 kg habis dalam 1 hari. Aku jualin ke teman-teman aku dan teman-teman aku aktif di socmed," tuturnya. 

Dari kerja keras dan aktif memasarkan di media sosial, omzet awal mencapai Rp30 juta dalam 2 bulan. Namun kini, omzetnya bisa mencapai Rp100 juta sehari. 

"Omzet per hari sekarang tanpa aksi (bikin konten atau live di media sosial) Rp50 juta, tapi kalau live bisa Rp100 juta," ujar Nadine.  

Dia mengaku tidak menyangka bisnisnya bisa menjadi sebesar saat ini hingga memiliki 55 karyawan. Dia pun mengungkapkan kunci sukses bisnis di usia muda

"Ini (sebenarnya) terjadi begitu saja cuma karena aku berusaha lebih ke konten, aku bisa usaha kayak gini. Konten awalnya di TikTok, pernah juga ngonten tapi belum banyak yang nonton. Nah aku coba lagi dan lagi meski awalnya gagal, akhirnya viral dan bisa rekrut karyawan," ujar Nadine.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: