Lebih Kritis, Mayoritas Milenial dan Gen Z Riset Produk Lewat Internet Sebelum Membeli
Selain itu, kata Hasanuddin, konsumen Indonesia secara umum makin gemar belanja online. Dalam enam bulan terakhir, 6 dari 10 orang belanja secara online. Fakta tersebut terjadi di seluruh generasi, mulai dari Gen Z hingga Gen X.
"Pembelian produk via online selama enam bulan terakhir didominasi oleh Gen Milenial dan Younger Gen X," ucapnya.
Lalu kemana Milenial dan Gen Z membelanjakan uangnya? Hasanuddin mengatakan, konsumen menggunakan 58,8 persen uang untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, porsi belanja untuk telekomunikasi dan leisure mencapai 19,2 persen, mengalahkan porsi menabung dan investasi.
"Fakta tersebut menunjukkan bahwa telekomunikasi dan leisure mulai menjadi kebutuhan pokok baru," kata Hasanuddin.
Editor: Rahmat Fiansyah