LMAN Telah Sertifikasi 5.562 Bidang Tanah Proyek Strategis Nasional

Aditya Pratama ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 20:58 WIB
LMAN Telah Sertifikasi 5.562 Bidang Tanah Proyek Strategis Nasional

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah melaksanakan pendanaan pengadaan lahan sejumlah 72 Proyek Strategis Nasional (PSN). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah melaksanakan pendanaan pengadaan lahan sejumlah 72 Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek strategis tersebut meliputi proyek jalan tol, bendungan, jalur kereta api, pelabuhan dan irigasi.

"Sejak tahun 2016 hingga 7 Februari 2019, LMAN telah melaksanakan pendanaan pengadaan lahan sejumlah Proyek Strategis Nasional dengan nilai total Rp47,9 triliun untuk 73.580 bidang tanah," ujar Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Qoswara di Kantor DJKN Kemenkeu, Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Qoswara menjelaskan, dalam pembangunan proyek strategis nasional pihaknya berperan sebagai lembaga yang melakukan pembayaran pembebasan lahan.

"Jadi dengan pendanaan lahan ini, hak milik atas tanah yang digunakan untuk pembangunan PSN beralih kepada pemerintah dengan jaminan kepemilikan berupa sertifikat tanah," ucapnya.

Dia menyebut, hingga hari ini, LMAN telah melakukan sertifikasi 5.562 bidang tanah PSN. Selain itu, Qoswara mengatakan, pihaknya telah melaksanakan pendanaan lahan dengan menjunjung tinggi tata kelola yang baik untuk mendukung percepatan pembangunan PSN.

"Bukan hanya dalam hal rupiah yang dikeluarkan untuk pendanaan, namun juga mengawal hingga sertifikasi tanah ditertibkan, dan sertifikasi tersebut merupakan bentuk legalitas atas pengadaan tanah hasil pembiayaan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur PSN," kata Qoswara.


Editor : Ranto Rajagukguk