Mal Berjamur Gara-Gara PSBB, APBI: Bukan di Indonesia

Djairan ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 16:58 WIB
Mal Berjamur Gara-Gara PSBB, APBI: Bukan di Indonesia

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat (kiri) saat berbincang di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (26/6/2020).(Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pusat perbelanjaan (mal) dikabarkan berjamur selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kondisi tersebut dipastikan tidak terjadi di Indonesia.

“Untuk diketahui, itu (informasi mal berjamur) tidak terjadi di Indonesia, itu terjadi di negara tetangga kita, sudah kita lakukan pengecekan," kata Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat di Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Ellen menjelaskan, selama PSBB, mal memang tutup tiga bulan. Namun, pengelola tetap mengizinkan penyewa (tenant) untuk datang ke mal untuk membersihkan tempat berjualan. "Jadi rutin dilakukan bersih-bersih,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pengelola tak mengizinkan bahan baku makanan ditaruh di mal saat PSBB. Penyewa yang menjual makanan harus mengeluarkan bahan baku karena jika tidak, akan mengeluarkan bau.

"Jadi, semua itu sudah dikembalikan ke tempatnya. Mereka mudah melakukan pembersihan kemudian membawa produk-produk baru," ucapnya.

CEO Emporium Mall itu mengatakan, restoran di mal sudah meningkatkan aspek kesehatan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung.

"Mereka kadang-kadang menggunakan buku menu sudah tidak dipegang, tidak disentuh. Jadi menggunakan aplikasi dan juga menggunakan QR code,” ujar Ellen.

Editor : Rahmat Fiansyah