Mempersiapkan Masa Pensiun Sejahtera, Ini Perencanaan yang Harus Dilakukan

Hafid Fuad ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 19:55 WIB
Mempersiapkan Masa Pensiun Sejahtera, Ini Perencanaan yang Harus Dilakukan

Memiliki kekayaan rumah tangga yang cukup di masa pensiun, mulailah dengan gaya hidup tidak berlebihan. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Setiap orang mendambakan masa pensiun sejahtera. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang bisa mewujudkannya. 

Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Freddy Tedja membagikan tips bagi kaum milenial dalam persiapan masa pensiun agar hidup sejahtera.

"Dibutuhkan perencanaan dan prioritas penggunaan penghasilan saat masa produktif. Gaya hidup juga sangat menentukan tingkat kesejahteraan di masa pensiun kelak," ujar Freddy di Jakarta.

Dia mengingatkan tidak mungkin mengandalkan dana jaminan sosial (BPJS Ketenagakerjaan) untuk membiayai seluruh kebutuhan hidup di masa pensiun. Bahkan  jika ditambah dengan program pensiun atau DPLK dari perusahaan masih tidak mencukupi.

"Biaya hidup di masa pensiun tidak jauh beda dari masa produktif. Walau beberapa pos pengeluaran mengalami penurunan, seperti transportasi, namun biaya kesehatan justru akan meningkat," katanya.

Dukungan dana dari anak atau anggota keluarga lainnya juga kerap diandalkan sebagai sumber pendapatan di masa pensiun kelak. Padahal, sudah seharusnya memutus rantai sandwich generation, terutama jika ingin anak-anak hidup bahagia. 

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2 3 Tampilkan Semua