Mengenal Ravi Modi, Pebisnis Pakaian Tradisional India dengan Kekayaan Rp40,43 Triliun

Aditya Pratama · Minggu, 03 Juli 2022 - 07:54:00 WIB
Mengenal Ravi Modi, Pebisnis Pakaian Tradisional India dengan Kekayaan Rp40,43 Triliun
Ravi Modi dikenal sebagai miliarder pada bidang fesyen dengan perusahaan Vedant Fashions, produsen pakaian tradisional India. (Foto: Dok. Vedant Fashions)

NEW DELHI, iNews.id - Ravi Modi dikenal sebagai miliarder pada bidang fesyen di India. Modi merupakan ketua sekaligus direktur pelaksana Vedant Fashions, yang dikenal sebagai produsen pakaian tradisional India.

Modi memulai debutnya di daftar miliarder dunia versi Forbes pada April tahun ini. Saat ini kekayaannya menyentuh angka 2,7 miliar dolar AS atau setara Rp40,43 triliun meskipun pasar saham jatuh dan rupee tengah melemah.

Mengutip Forbes, perusahaan Modi, Vedant Fashions melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) pada Februari 2022 dengan valuasi 2,8 miliar dolar AS, dengan premi 8 persen dari harga IPO. Saham perusahaan tersebut naik 12 persen sejak saat itu dengan kapitalisasi pasar 3 miliar dolar AS. 

Modi memulai kariernya dengan bekerja di toko pakaian ayahnya saat remaja. Pada usia 22 tahun, dia memutuskan untuk memulai perusahaannya sendiri untuk memproduksi secara massal pakaian etnis India yang terjangkau, dengan modal 10.000 rupee (setara 235 dolar AS) yang dipinjam dari ibunya pada tahun 1999.

Modi menamani perusahaannya dengan nama Vedant Fashions. Selama dua dekade berikutnya, dia membangun kerajaan mode etniknya di 223 kota di India, dan juga di luar seperti di Uni Emirat Arab (UEA) dan Amerika Serikat, dengan menargetkan diaspora India.

Saat ini, Manyavar adalah merek terbesar di segmen pakaian pernikahan pria, dalam hal pendapatan dan profitabilitas. Modi juga memperluas pasar fesyennya ke pakaian wanita pada tahun 2015 dengan merek Mohey. 

Pada tahun 2017, dia mengakuisisi Mebaz, merek garmen warisan yang populer di negara bagian Andhra Pradesh dan Telangana di India Selatan.

Manyavar merupakan merek dengan harga menengah, Twamev adalah kisaran premium dan Manthan untuk pasar massal. Perusahaannya juga telah bekerja sama dengan bintang Bollywood populer seperti Ranveer Singh dan Alia Bhatt sebagai duta merek.

Perusahaan melaporkan lonjakan pendapatan 84 persen menjadi 10,4 miliar rupee (setara 138 juta dolar AS), dengan laba bersih lebih dari dua kali lipat menjadi 3,15 miliar rupee untuk tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 2022. 

Dalam tiga bulan pertama tahun 2022, perusahaan membuka 17 toko, menjadikan jumlah toko totalnya di negara ini menjadi 595 toko. Toko-toko ini mencakup total gabungan 1,1 juta kaki persegi, yang ingin digandakan perusahaan dalam beberapa tahun ke depan.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda