Menperin Ajak Perusahan Kimia Jepang Investasi di Indonesia, Jamin Ketersediaan Bahan Baku

Heri Purnomo ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 09:49:00 WIB
Menperin Ajak Perusahan Kimia Jepang Investasi di Indonesia, Jamin Ketersediaan Bahan Baku
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Humas Kemenperin)

Pemerintah juga memberikan dukungan pada PT Asahimas Chemical terkait penambahan investasi kapasitas PVC dari 550.000 ton/tahun menjadi 750.000 ton/tahun dengan nilai Rp1,5 triliun.

“Mereka telah menyelesaikan pembangunan pengembangan pabriknya dan telah mendapatkan fasilitas tax holiday,” ucapnya.

Pertemuan tersebut juga membahas kajian substitusi batu bara dengan Cangkang Kelapa Sawit atau Palm Kernel Shell untuk mendukung kebijakan pengurangan emisi gas rumah kaca, serta dukungan kebijakanpemanfaatan kembali panas buangan sebagai sumber energi.

Sementara itu, CEO MCG, Jean-Marc Gilson menyampaikan arah pengembangan MCG pada produk kimia khusus yang menyokong kebutuhan material pada electronics, health and life science. MCG juga menyampaikan permasalahan infrastruktur terkait ketersediaan pelabuhan yang memadai untuk logistik dan akses lainnya.

Menanggapi rencana tersebut, Agus mengharapkan MCG dapat memperluas investasinya di Indonesia dengan produksi produk-produk tersebut, serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi utama untuk film PET di ASEAN.

Kemenperin memastikan agar produk yang dihasilkan kompetitif, mendapatkan pasokan energi (listrik dan gas bumi) stabil dari segi kualitas, harga dan volume.

Selanjutnya, pertemuan Menperin dengan CEO KAO, Yoshihiro Hasebe dan jajarannya membahas potensi pengembangan produk kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia. 

KAO menyampaikan akan melakukan penjajakan investasi untuk beberapa teknologi dan produk, seperti aspal dari plastik, sistem drone untuk fungisida sawit, serta produk mosquito dengue serum yang telah terbukti dapat mencegah demam berdarah dengue.

“Kami menyampaikan kepada KAO untuk dapat memanfaatkan keanekaragaman bahan baku tersebut sekaligus memperkuat struktur industri di Indonesia,” ucap Agus.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda