Microsoft Dikabarkan Mau Beli Tiktok, Trump: Kita Tetap Akan Blokir

Djairan ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 10:23 WIB
Microsoft Dikabarkan Mau Beli Tiktok, Trump: Kita Tetap Akan Blokir

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump akan bergerak cepat memblokir TikTok. Larangan terhadap platform berbagi video itu akan dikeluarkan Sabtu (1/8/2020) waktu AS.

"Sejauh yang saya tahu soal TikTok, kami sedang berupaya memblokir mereka beroperasi di AS," kata Trump di pesawat Air Force One dilansir CNBC, Sabtu (1/8/2020).

Pernyataan tersebut muncul setelah Microsoft dikabarkan berencana mengakuisisi bisnis TikTok di Amerika. Namun, negosiasi antara Microsoft dan ByteDance soal TikTok bukan hal yang baru.

Trump menolak keras rencana akuisisi TikTok yang melibatkan Microsoft. Dia memastikan, platform media sosial asal China itu akan tetap diblokir bagaimana pun caranya.

"Saya punya kekuasaan, saya bisa melakukannya lewat perintah eksekutif atau itu (aturan)," kata Trump.

ByteDance, perusahaan asal China, meluncurkan TikTok pada 2017. Aplikasi tersebut sangat popular saat pandemi Covid-19 dengan 2 juta unduhan selama April 2020.

Perusahaan tengah mencari investor untuk mengakuisisi TikTok dengan valuasi 50 miliar dolar AS. Microsoft dan TikTok menolak berkomentar.

"Kami tidak mengomentari rumor atau spekulasi, kami yakin dengan kesuksesan TikTok ke depan," kata juru bicara TikTok.

Popularitas TikTok di Negeri Paman Sam membuat pejabat AS khawatir. Aplikasi tersebut berpotensi digunakan oleh pemerintah China untuk memata-matai warga AS.

Editor : Rahmat Fiansyah