Microsoft Pulih, Check-in Online Bandara Sudah Normal

Lebih lanjut, Khusnu mengatakan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi yang dilakukan pihaknya terutama kepada para penumpang maskapai yang mengalami kerugian, telah diberikan kompensasi keterlambatan.
"Kami juga melakukan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi termasuk memastikan penanganan penumpang dengan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) dan opsi pelayanan terbaik kepada penumpang," jelas Khusnu.
Terakhir, dia mengungkapkan Ditjen Hubud menugaskan para penanggung jawab penerbangan tetap berjalan sesuai prosedur dengan aman dan selamat.
"Selain itu Ditjen Hubud menugaskan para Inspektur Penerbangan untuk bekerja sama dengan para operator penerbangan, penyelenggara bandara dan penyelenggara navigasi penerbangan untuk memastikan operasional penerbangan tetap berjalan dengan aman dan selamat," terang Khusnu.
Sebelumnya, layanan cloud Microsoft down hingga berdampak pada lumpuhnya perjalanan udara di seluruh dunia. Sejumlah bandara bahkan menghentikan operasinya karena maskapai penerbangan kesulitan menyediakan layanan seperti pemesanan online, check-in web, dan pembaruan status penerbangan.
Maskapai penerbangan pun terpaksa memeriksa penumpang secara manual dan mengeluarkan boarding pass tulisan tangan. Di negara asal, bandara-bandara utama, seperti New Delhi dan Bengaluru, India juga terkena dampaknya dan membuat antrean panjang dan check-in yang lambat.
Editor: Puti Aini Yasmin