Miliarder Rusia Viktor Kharitonin Beli Pabrik Pulp Milik Perusahaan Inggris

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 13 Agustus 2022 - 09:49:00 WIB
Miliarder Rusia Viktor Kharitonin Beli Pabrik Pulp Milik Perusahaan Inggris
Miliarder Rusia, Viktor Kharitonin. (Foto: Istimewa)

LONDON, iNews.id - Miliarder Rusia Viktor Kharitonin dilaporkan membeli pabrik pulp milik Mondi, perusahaan asal Inggris, yang memutuskan keluar dari negara beruang merah itu. 

Pada Mei 2022, Mondi mengumumkan akan melepaskan aset di Rusia, termasuk pabrik di Skytyvkar, sebagai dampak dari invasi Rusia ke Ukraina.

Pada Jumat (12/8/2022), Mondi melaporkan telah menyetujui kesepakatan untuk menjual pabrik Syktyvkar kepada Augment Investments senilai  95 miliar rubel atau setara Rp22,374 triliun.

Augment Investments dimiliki oleh miliarder Rusia Viktor Kharitonin. Perusahaan investasi tersebut memiliki bisnis di seluruh Rusia, Eropa, dan Inggris.

Sementara Mondi adalah grup pengemasan dan kertas multinasional yang memiliki 100 lokasi produksi di lebih dari 30 negara, terutama di Eropa, Rusia, Amerika Utara, dan Afrika Selatan. 

Pabrik Mondi di Syktyvkar adalah pabrik pulp terintegrasi, kertas kemasan dan pabrik kertas halus uncoated. Pabrik ini mempekerjakan sekitar 4.500 orang dan merupakan salah satu pemasok kertas halus dan papan peti kemas terbesar untuk pasar domestik Rusia.

Manajemen Mondi berharap proses penjualan pabrik di Skytyvkar akan selesai pada akhir tahun ini, mengingat situasi politik di Rusia membawa ketidakpastian pada peraturan. 

Operasi pabrik Mondi di Skytyvkar menyumbang sekitar 12 persen dari penjualan grup Mondi dengan omzet 6,66 miliar poundsterling atau sekitar Rp118,558 triliun.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda