MNC Life HUT Ke-11, Hary Tanoesoedibjo Beberkan 3 Rahasia Majukan Perusahaan
Kedua, pahami pemain atau kompetitornya. Bagaimana pun caranya, organisasi yang tumbuh dengan baik harus mampu tembus urutan tiga teratas dari kompetitor.
"Kita harus tahu kekuatan lawan kita di mana. Bandingkan dengan kompetitor yang masuk 20 besar teratas. Kalau kita sudah tahu petanya, baru kita bangun produknya, yang tentu harus Unique Selling Point (USP)," kata Hary Tanoesoedibjo.
Dia menjelaskan, managing business mudah diterapkan apabila metodologinya benar. Namun jika salah, maka tidak akan jadi apa-apa atau nothing.
Ketiga, mengetahui competitive landscapenya. "Kita harus tahu kepada siapa sasaran kita. Setelah itu marketing komunikasinya dimainkan," ujar Hary Tanoesoedibjo.
Dia menjelaskan, cara berkomunikasi ke tiap-tiap orang itu berbeda. Maka perlu memiliki marketing komunikasi kreatif agar bisa menempatkan diri sesuai pasar yang di tuju.