Otorita IKN Siapkan 3 Hal Penting untuk Tarik Investor, Apa Saja?

Raka Dwi Novianto, ikhsan SP · Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:45:00 WIB
Otorita IKN Siapkan 3 Hal Penting untuk Tarik Investor, Apa Saja?
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono (kanan), dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/10/2022). (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, mengatakan sedang menyiapkan 3 hal penting untuk menarik minat investor terhadap IKN Nusantara

Pertama, menyelesaikan RPP Investasi Khusus Insentif di IKN. Kedua, menyiapkan Badan Usaha Milik Otorita (BUMO). Ketiga, IKN akan melaksanakan market sounding (jajak pasar) sekitar pertengahan Oktober tahun ini.

Menurut dia, Otorita IKN bersama dengan Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, dan kementerian lain yang terkait akan menyelesaikan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait insentif bagi pelaku usaha. 

“Ada beberapa insentif fiskal dan non-fiskal yang memang kita rancang bersama untuk membuat para investor dapat melakukan usaha di IKN Nusantara dengan sebaik-baiknya,” ungkap Bambang dalam keterangan resminya, Selasa (4/10/2022).

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa IKN akan memiliki Badan Usaha Milik Otorita (BUMO) yang nantinya akan menangani aspek-aspek pengusahaan di IKN.

“Kepengusahaan di IKN Nusantara akan ditangani oleh Badan Usaha Milik Otorita yang akan berpartner dalam melakukan deal-deal strukturisasi ataupun financial engineering bersama pelaku investor maupun pelaku usaha lainnya,” ujar Bambang.

Selain itu, IKN juga akan melanjutkan sosialisasi soal peluang investasi yang sudah dilakukan bersama Kadin dalam market sounding yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Mudah-mudahan pada pertengahan Oktober ini kita akan lakukan (market sounding) dengan mengundang potential investor,” kata Bambang.

Dia berharap, IKN Nusantara tidak hanya menjadi kota layak huni (liveable), tetapi juga dicintai (loveable).

"Agar di tahun 2024 dapat terbentuk satu ekosistem yang menyeluruh, sehingga IKN akan benar-benar menjadi kota yang green, smart, inclusive, resilient, dan sustainable," tutur Bambang.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda