Penerbitan NIB Lewat OSS Mudah dan Cepat, Hipmi: Pakai Handphone Cuma 30 Menit

Iqbal Dwi Purnama ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 16:24:00 WIB
Penerbitan NIB Lewat OSS Mudah dan Cepat, Hipmi: Pakai Handphone Cuma 30 Menit
Penerbitan NIB lewat OSS mudah dan cepat, Hipmi: pakai handphone cuma 30 menit

SOLO, iNews.id - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) mengapreasiasi sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko sebagai platform pendaftaran unit usaha. Pasalnya, prosesnya lebih transparan, mudah, dan cepat.

Sekjen BPP Hipmi Bagas Adhadirgha mengatakan, wirausaha khususnya anggota Hipmi di seluruh Indonesia telah melengkapi legalitas usaha melalui OSS, termasuk melengkapi legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB). 

“Kesempatan dan peluang semacam ini harus dimanfaatkan para pengusaha pemula, ternyata mengurus perizinan usaha lewat OSS itu sangat mudah,” kata dia di Solo, Kamis (7/7/2022). 

Menurut Bagas, kehadiran OSS berbasis risiko ini memiliki potensi yang lebih besar untuk mencetak kader-kader pengusaha baru di Indonesia. Dengan demikian, jumlahnya pengusaha ke depannya diharapkan semakin banyak.

"Kami berkeinginan agar jumlah pengusaha Indonesia terus bertambah, sehingga ada economic impact yang cukup luas di masyarakat, mulai dari penyerapan tenaga kerja sampai penanggulangan kemiskinan,” ujar Bagas.

Menurutnya, pengurusan izin usaha menggunakan platform OSS sangat mudah dan waktu yang dibutuhkan sangat singkat. Bahkan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menerbitkan NIB.

"Memang benar apa kata Pak Menteri Investasi, sekarang mengurus izin cukup 30 menit dan itu cukup lewat handphone saja,” ucapnya.

Seperti diketahui, Kementerian Investasi/BKPM melaksanakan pemberian NIB kepada 550 pelaku UMK perseorangan, serta dilakukan pertemuan kedua Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) G20 di Surakarta, Jawa Tengah, yang berlangsung pada 5-7 Juli 2022. Kementerian Investasi/BKPM mencatat sudah ada 1,5 juta pelaku usaha yang mendapatkan NIB melalui OSS berbasis risiko.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda