Pengusaha: Mal Tidak Akan Pulih Sebelum Ada Vaksinasi

Taufik Fajar · Jumat, 16 Oktober 2020 - 20:09 WIB
Pengusaha: Mal Tidak Akan Pulih Sebelum Ada Vaksinasi

Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) memperkirakan tempat perbelanjaan atau mal tidak akan pulih sebelum vaksin ditemukan dan vaksinasi dilakukan. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) memperkirakan tempat perbelanjaan atau mal tidak akan pulih sebelum vaksin ditemukan dan vaksinasi dilakukan pada sebagian besar masyarakat Indonesia. Mal menjadi salah satu sektor usaha yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

Lesunya daya beli masyarakat dan sepinya pengunjung membuat pengusaha mal terus merugi. "Mal baru akan pulih menuju normal setelah vaksinasi dilaksanakan, selama belum dilakukan, kami perkirakan belum bisa pulih beranjak menuju normal," ujar Ketua Asosiasi Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja dalam telekonfrensi, Jumat (16/10/2020).

Maka itu, lanjut dia, pengusaha mal sangat berharap dengan ketersediaan vaksin di Indonesia. Seperti, vaksin yang sedang berproses uji klinis oleh Bio Farma, pemerintah pun menargetkan produksinya sudah bisa dilakukan pada awal tahun 2021. 

"Jadi, diprediksi vaksinasi setidaknya baru akan dilakukan pada kuartal II 2021. Tentunya proses ini akan memakan waktu yang panjang karena besarnya jumlah penduduk Indonesia," katanya. 

Dia menambahkan, pandemi ini menekan pusat perbelanjaan. Tingkat kunjungan mal turun drastis. "Dan juga seiring kebijakan pembatasan yang diterapkan pemerintah maupun respons kehati-hatian masyarakat terhadap transmisi Covid-19," ujar Alphonzus.

Editor : Dani Dahwilani