Pengusaha Sawit Sambut Baik Perpanjangan Pembebasan Pungutan Ekspor CPO hingga Desember 2022

Advenia Elisabeth · Rabu, 02 November 2022 - 12:40:00 WIB
Pengusaha Sawit Sambut Baik Perpanjangan Pembebasan Pungutan Ekspor CPO hingga Desember 2022
Perpanjangan pembebasan tarif pungutan ekspor CPO jadi angin segar bagi pengusaha kelapa sawit di Indonesia. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memperpanjang pembebasan tarif pungutan ekspor (PE) minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) hingga Desember 2022. Hal ini jadi angin segar bagi pelaku usaha kelapa sawit di Tanah Air.

Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Tofan Mahdi menyebut, total produksi sawit nasional sekitar 70 persen terserap di pasar ekspor. Terlebih, saat ini ada konflik Rusia-Ukraina yang turut meningkatkan permintaan minyak sawit Indonesia karena negara itu mengalami kekurangan pasokan minyak matahari. 

Dengan adanya pembebasan pungutan ekspor 0 dolar AS per metrik ton dapat menggairahkan para pengusaha kelapa sawit.

"Ketika pasokan minyak di negara Eropa, Rusia dan Ukraina seperti minyak matahari berkurang, maka yang paling mungkin dilakukan adalah memanfaatkan komunitas sawit Indonesia. Sehingga kami melihat bahwa posisi permintaan masih akan tetap tinggi," ujar Tofan dalam acara di IDX Channel, Rabu (2/11/2022).

Tofan menambahkan, kinerja kelapa sawit sudah kembali normal setelah beberapa waktu lalu diterpa banyak tantangan terkait ekspor. Sehingga dapat dikatakan hal ini baik untuk mencapai suatu industri kelapa sawit yang berkelanjutan. 

"Kalau kita mengikuti dinamika di industri minyak sawit yang terjadi pada tahun 2022 ini betapa banyaknya tantangan di industri sawit nah proses recovery untuk melewati tantangan ini perlu waktu. Tapi saat ini sudah kembali normal," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda