Perempuan Ini Miliki Kekayaan dan Investasi Miliaran Rupiah, Kerja Cuma 7,5 Jam Seminggu

Dinar Fitra Maghiszha ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 06:42:00 WIB
Perempuan Ini Miliki Kekayaan dan Investasi Miliaran Rupiah, Kerja Cuma 7,5 Jam Seminggu
Diania Merriam miliki kekayaan dan investasi miliaran rupiah, kerja cuma 7,5 jam seminggu. Foto: YouTube EconoMe Conference

Dengan tabungannya yang meningkat, Merriam mampu melunasi utangnya hanya dalam 11 bulan. Dari sana, dia memutuskan untuk menggunakan semua uang yang dia tabung untuk investasinya dan mulai mengejar FIRE, yang merupakan singkatan dari Financial Independence, Retire Early atau Kemandirian Finansial, Pensiun Dini.

Dia pindah ke Ohio pada 2017, meninggalkan Brooklyn demi menghemat pengeluaran.

"Saya beralih dari membayar 1.800 dolar AS sebulan untuk apartemen di Brooklyn menjadi membayar hipotek 600 dolar AS di tempat terbaik yang pernah saya tinggali," ucapnya.

Pada Januari 2021, Merriam meninggalkan apa yang dia sebut W-2 work demi menjadi host podcast nasihat keuangan. Dia saat ini memiliki kekayaan bersih sekitar 470.000 dolar AS, termasuk tabungan dan investasi sekitar 350.000 dolar AS atau Rp5,3 miliar, serta menghasilkan sekitar 3.000 dolar AS atau Rp45,3 juta per bulan dari podcast. Dia hanya bekerja sekitar 7,5 jam per minggu.

Merriam menggambarkan situasi keuangannya saat ini sebagai Coast-Fi, sebuah pemutusan dari gerakan FIRE. Menjadi Coast-Fi berarti dia hanya perlu mendapatkan cukup uang untuk menutupi pengeluarannya karena sudah memiliki tabungan dan investasi yang memadai untuk menghidupi dirinya sendiri begitu dia mencapai usia pensiun.

Untuk saat ini, Merriam senang tetap berada di Coast-Fi dan tidak secara aktif berusaha untuk pensiun sepenuhnya. Pengeluaran bulanannya sebesar 2.000 dolar AS, mencakup hipotek, mobil, dan pengeluaran lainnya. Itu lebih rendah daripada yang dia habiskan untuk pergi keluar dengan teman-teman di New York dan memberinya fleksibilitas tentang bagaimana dia menghabiskan waktunya.

Proses menghilangkan hutangnya dan kemudian mengejar FIRE, katanya, memberinya perspektif baru tentang hubungannya dengan uang.

"Itu benar-benar membantu saya melihat betapa borosnya saya. Pengalaman itu menunjukkan kepada saya bahwa saya tidak benar-benar memiliki masalah pendapatan, saya memiliki masalah pengeluaran dan pengelolaan uang," tuturnya.  

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda