Perjalanan George Soros, Dulu Porter Kereta Kini Investor Sukses Berharta Rp129 Triliun

Viola Triamanda ยท Senin, 04 Juli 2022 - 21:05:00 WIB
Perjalanan George Soros, Dulu Porter Kereta Kini Investor Sukses Berharta Rp129 Triliun
Perjalanan George Soros, dulu porter kereta kini investor sukses berharta Rp129 triliun. Foto: Reuters

JAKARTA, iNews.id - George Soros merupakan tokoh ternama di bidang keuangan, pasar modal, hingga aktivis di bidang politik. Dia juga dikenal sebagai investor paling sukses dalam sejarah Amerika Serikat (AS). 

Berdasarkan data Forbes, Soros berada di peringka 246 orang terkaya dunia tahun ini dengan kekayaan sebesar 8,6 miliar dolar AS atau setara Rp129 triliun. Namun kekayaannya tersebut tidak didapatkan dengan instan. Dia bekerja keras untuk mencapai kesuksesan.

Lahir di Hongaria pada 1930, dia hidup di masa pendudukan nazi yang mengakibatkan 500.000 masyarakat Yahudi Hongaria tewas. George Soros beserta keluarga selamat karena menyembunyikan identitas asli mereka. Dia dan keluarganya berpura-pura menjadi anak baptis seorang pegawai Kementerian Pertanian Hongaria. 

"Alih-alih tunduk pada nasib kami, kami melawan kekuatan jahat yang jauh lebih kuat dari kami, dan kami menang. Kami tidak hanya selamat, tetapi kami berhasil membantu orang lain," kata dia, dikutip dari laman George Soros, Senin (4/7/2022). 

Kemudian demi menyambung hidup, pada tahun 1974 George Soros meninggalkan Budapest ke London. Dia kemudian mendaftar di London School of Economics (LSE). 

Soros juga bekerja paruh waktu sebagai porter kereta api dan pelayan klub malam untuk membiayai kuliah dan hidupnya. George Soros lulus dari LSE dengan gelar sarjana sains di bidang filsafat pada 1951. Kemudian dia melanjutkan pendidikan selama tiga tahun demi mendapatkan gelar doktor.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda