Peternak Sebut Distribusi Vaksin PMK ke Daerah Masih Lambat

Iqbal Dwi Purnama ยท Senin, 25 Juli 2022 - 13:42:00 WIB
Peternak Sebut Distribusi Vaksin PMK ke Daerah Masih Lambat
PPSKI menyebut penanganan wabah PMK hanya mengandalkan vaksinasi. Namun, hingga saat ini distribusi vaksin PMK ke daerah dinilai masih lambat. (Foto: iNews/Tata Rahmanta)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum PPSKI (Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia) Nanang Purus Subendro mengatakan, saat ini penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hanya mengandalkan vaksinasi. Namun, hingga saat ini distribusi vaksin PMK ke daerah dinilai masih lambat.

Nanang mengatakan, saat ini wabah PMK sudah terlanjur menyebar hingga 22 provinsi se-Indonesia. Pengetatan lalu lintas hewan pun membuktikan bahwa jumlah penularan di daerah bertambah.

"Harapannya tinggal di vaksinasi. Yang jadi masalah, proses datangnya vaksinasi ini entah apalagi yang masih ditunggu atau persyaratan yang masih kurang, sudah lebih dari dua bulan vaksinnya belum datang dengan jumlah yang memadai," ujar Nanang saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (25/7/2022).

Menurut data siagapmk.id, jumlah hewan yang telah disuntik vaksin PMK hanya sebanyak sekitar 600.000 ekor. Jumlah tersebut bahkan lebih sedikit dari target pemerintah yang bakal mendatangkan setidaknya 800.000 dosis vaksin pada tahap pertama.

Hal tersebut yang dimaksudkan oleh Nanang pendistribusian vaksin PMK ke peternak masih menjadi kendala. Padahal jumlah hewan ternak khusus misalnya sapi potong saja data pada tahun 2021 populasinya mencapai 18 juta ekor.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda