Profil Imam Januar, Tamatan SMA yang Jadi Otak di Balik Terbentuknya Kampung YouTuber di Bondowoso

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 23 Oktober 2021 - 12:13:00 WIB
Profil Imam Januar, Tamatan SMA yang Jadi Otak di Balik Terbentuknya Kampung YouTuber di Bondowoso
Konten Kreator dan Motivator, Imam Januar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Penampilannya sederhana dan bersahaja, jauh dari sosok miliarder atau YouTuber yang gaya hidupnya cenderung glamour. Itulah Imam Januar, tamatan SMA yang menjadi otak di balik terbentuknya Kampung YouTuber di Bondowoso, Jawa Timur. 

Baru-baru ini, Dusun Posong, Kabupaten Bondowoso, Jawa timur, menjadi sorotan karena mendapat julukan sebagai Kampung YouTuber’. Pasalnya, sebagian besar pemuda di kampung ini berprofesi sebagai content creator untuk saluran YouTube

Diketahui dari hasil menjadi YouTuber, para pemuda di dusun ini bisa melunasi utang orang tua (ortu) mereka, bahkan membeli mobil keluaran terbaru, hingga membangun rumah. 

Bagi YouTuber pemula maupun yang sudah lama pasti mengenal Imam Januar. Pasalnya, Imam Januar tak pelit membagikan tips dan mengedukasi semua orang yang ingin menjadi YouTuber.

Pada awalnya, saluran YouTube Imam Januar lebih banyak membagikan foto traffic YouTube-nya dan jual beli akun YouTube dan fanspage. Tidak tanggung-tanggung, satu akun YouTube yang dijual Iman Januar bisa laku senilai Rp225 juta dan dibelakangnya nempel belasan silver play button.

Silver play button merupakan bukti apresiasi kepada YouTuber karena sudah memiliki lebih dari 100.000 subsciber atau pengikut di channel mereka. Penghargaan ini dijelaskan YouTube di halaman resmi mereka sebagai bagian dari program Creator Awards.

Namun akhir-akhir ini, Imam Januar sering membagikan tips-tips, motivasi dan semangat terhadap netizen. Bahkan jika membaca beberapa komentar di saluran YouTubenya, banyak tag dari beberapa YouTuber terkenal yang berterima kasih kepada Imam Januar karena sudah diberi kiat-kiat sukses menjadi YouTuber. 

Tidak mengherankan jika Imam Januar dijuluki sebagai suhu YouTube di  komunitas YouTuber. Pasalnya, banyak sekali YouTuber sukses hari ini yang diam-diam telah berguru dari Imam Januar. 

Padahal dari biodatanya, Imam Januar hanya tamatan SMA, dan tidak pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, apalagi belajar tentang teknologi informasi secara formal. 

Imam Januar mengaku mempelajari YouTube secara otodidak dan mengikuti setiap perkembangan, bahkan kebijakannya. Setiap pengalamannya kemudian dibagikan melalui saluran YouTube, sehingga secara tidak langsung mengedukasi setiap orang yang tertarik menjadi YouTuber dan memiliki akun YouTube pribadi. 

Hal itu pula yang membuat Imam Januar memperoleh puluhan silver play button, bahkan sukses mengajak anak-anak muda dari kampungnya untuk membentuk komunitas YouTuber, hingga kini dikenal sebagai Kampung YouTuber. 

Meskipun kini sukses, Imam Januar juga pernah merasakan pengalaman pahit, seperti YouTuber lainnya, yaitu kena badai dismonetasi yang membuatnya kehilangan ratusan juta. Justru pengalaman tersebut membuat Imam Januar belajar mengenai monetasi YouTube dan tidak membuat kesalahan, sehingga sukses seperti sekarang ini.

Berikut Biodata Imam Januar, seperti dirangkum iNews.id : 

Nama Lengkap : Imam Januar (masih nama fb)
Profesi : YouTuber atau content creator
Agama : Islam
Tempat Tanggal Lahir : Tapen, Bondowoso, 22 April, 
Warga Negara : Indonesia
Status : Menikah
Pendidikan : SMA Negeri 1 Tapen, Bondowoso

Karier :
- Karyawan Toko dari 2006-2019
- Murni seorang content creator dan motivator (YouTube) sejak akhir 2017

Sosial Media :
https://web.facebook.com/imamjanuar22

Penghargaan dan Karya:
Mendapat puluhan silver play button dan gold play button. Sering diundang mengisi pelatihan youtube dan mencetak banyak YouTuber muda. 

Sebagai motivator bagi YouTuber pemula, Imam memiliki beberapa pesan yang kerap menjadi pemacu semangat, apalagi dengan latar belakangnya yang tidak berpendidikan tinggi dan berasal dari keluarga sederhana. 

Ini beberapa kutipan kata-kata motivasi atau tips dari Imam Januar bagi YouTuber pemula : 

1. Jangan Pernah Minta Nilai Karyamu Pada Sesama YouTuber, tapi biarkan penonton (vierwers) yang menilai karyamu. 

2. Ikuti dan lanjutkan kreasimu. 

3. YouTube tidak jauh beda dengan vlog, yang penting "Kita Rajin Upload"

4. Jangan mundur walau trafik belum naik

5. Semua Berawal dari kalimat "MULAI SAJA DULU". Soal "HASIL" Belakangan

6. Jika Asal trafik sudah terekomendasi, siap siap meledak viewers. Jadi tetap jangan malaas upload

7. #StopMikir #GasTerus

Demikian profil dan biodata Imam Januar, otak dibalik kesuksesan Kampung YouTuber di Bondowoso. Siapa tahu bisa membuat Anda termotivasi menekuni profesi YouTuber.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: