Rute Perjalanan KRL Berubah Mulai Hari Ini, Begini Kondisi di Stasiun Manggarai

azhfar muhammad ยท Sabtu, 28 Mei 2022 - 10:10:00 WIB
Rute Perjalanan KRL Berubah Mulai Hari Ini, Begini Kondisi di Stasiun Manggarai
Rute perjalanan KRL berubah mulai hari ini, begini kondisi di Stasiun Manggarai. Foto: Azhfar M

JAKARTA, iNews.id - Rute perjalanan kereta rel listrik (KRL) commuter line lintas Bogor/Depok/Nambo dan Cikarang/Bekasi serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai berubah mulai hari ini, Sabtu (28/5/2022).

Perubahan tersebut seiring pelaksanaan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai. Stasiun ini akan dijadikan stasiun sentral.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, kondisi Stasiun Manggarai Sabtu pagi ini terpantau ramai, namun jumlah penumpang tak terlalu membeludak. Tak ada banyak lonjakan penumpang di sejumlah peron stasiun. 

Sementara itu, untuk rute perjalanan terbaru sudah diberlakukan. Adapun  penyesuaian jalur di Stasiun Manggarai adalah jalur 1 dan 2 untuk KA Jarak Jauh, jalur 3 akan dinonaktifkan, jalur 6 dan 7 untuk KRL lintas Bekasi atau Cikarang serta jalur 10, 11, 12, dan 13 untuk KRL lintas Bogor. 

Penumpang KRL di Stasiun Manggarai. Foto: Azhfar M
Penumpang KRL di Stasiun Manggarai. Foto: Azhfar M

Terlihat sejumlah masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari berbagai stasiun tujuan mulai menyesuaikan beberapa rute transit terbaru. Tampak sejumlah tanda atau petunjuk di sejumlah peron stasiun transit.

Sejumlah petugas juga disiagakan guna membantu masyarakat dalam mengarahkan penumpang bagi yang belum terbiasa dengan rute perjalanan terbaru. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba sebelumnya mengatakan, dengan adanya perubahan rute terbaru KRL untuk KRL Commuter Line lintas Bekasi/Cikarang ini akan mengubah loops sebelumnya. 

“Ini akan menjadi loops dan kebiasaan baru dan permanen. Ini tidak hanya mengubah dari sisi grafik perjalanan keretanya, tetapi juga mengubah budaya dari pengguna jasa commuter line pada saat ini,” ujarnya, Jumat (27/5/2022).  

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: