Segera Direvitalisasi, Bandara Halim Ditutup Mulai 26 Januari

azhfar muhammad ยท Sabtu, 22 Januari 2022 - 07:19:00 WIB
 Segera Direvitalisasi, Bandara Halim Ditutup Mulai 26 Januari
Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan revitalisasi Bandar Udara Halim Perdanakusuma (Bandara Halim) akan segera dilakukan. Untuk itu, Bandara Halim akan ditutup sementara selama 3,5 bulan, mulai 26 Januari 2022. 

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan revitalisasi  siap dilakukan sebagai tindak lanjut dari terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Fasilitas Pangkalan Tentara Nasional Indonesia/Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

“Sebagai tindak lanjut dari terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Revitalisasi. Bandara Halim akan ditutup sementara mulai 26 Januari 2022. Waktu penutupan diperkirakan paling lama 3,5 bulan,” kata Adita Irawati, dalam keterangan resmi yang diterima MPI, Sabtu (22/1/2022). 

Kemenhub bersama TNI AU telah melakukan kerja sama dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan dalam rangka mengantisipasi dampak dari berhentinya operasional pelayanan penerbangan di Bandara Halim.

“Kami informasikan adanya penutupan sementara Bandara Halim Perdanakusuma lebih awal agar seluruh pihak terkait siap untuk melakukan langkah-langkah penanganan dan dampak dari adanya penutupan tersebut,” ujar Adita.

Dia menjelaskan, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara telah meminta kepada operator bandara dan maskapai untuk menyiapkan langkah-langkah penanganan penumpang seperti: pembatalan penerbangan, refund tiket, pengalihan rute penerbangan, dan lain sebagainya. 

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah membeli tiket pesawat dengan keberangkatan melalui Bandara Halim, untuk menghubungi pihak maskapai agar dilakukan proses penanganan selanjutnya,” tutur Adita.

Sebagai catatan, Revitalisasi Bandara Halim dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Bandara Halim yang juga merupakan Markas Komando Angkatan Udara itu, juga dikenal sebagai tempat untuk penerbangan pesawat kepresidenan dan pesawat atau jet pribadi. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: