Sule Salah Satu Pelawak Terkaya Indonesia, Dulu Pernah Jualan Es dan Jadi Tukang Pijat

Suparjo Ramalan · Sabtu, 04 Desember 2021 - 14:21:00 WIB
Sule Salah Satu Pelawak Terkaya Indonesia, Dulu Pernah Jualan Es dan Jadi Tukang Pijat
Entis Sutisna atau Sule, salah satu pelawak terkaya di Indonesia pernah jualan es dan jadi tukang pijat.

JAKARTA, iNews.id - Entis Sutisna atau akrab disapa Sule merupakan salah satu pelawak terkaya di Indonesia. Namun kesuksesannya saat ini tidak didapat dengan mudah. 

Sebelum menjadi salah satu pelawak dengan bayaran termahal, Sule pernah melakoni sejumlah pekerjaan. Dia yang berasal dari keluarga sederhana itu, mengatakan bahwa orang tuanya mendidiknya untuk bekerja keras sejak dini. 

"Saya diajarkan orang tua bekerja keras. Artinya, orang tua enggak punya warisan, cuma punya didikan, 'Kalau mau jadi orang hebat harus kerja keras'," kata Sule dalam wawancara bersama dengan Maia Estianty di kanal YouTube Maia AlElDul TV, dikutip Sabtu (4/12/2021). 

Bahkan, sejak kecil dia sudah mencari uang supaya memiliki uang saku. Saat duduk di bangku SD kelas 3 atau ketika usianya 9 tahun, Sule sudah mulai berdagang apa pun, salah satunya berjualan es. 

"Dulu yang punya kulkas jarang. Ada Bi Ade (punya kulkas), itu dipakai usaha bikin es, yang jualan saya dari harga Rp25 sampai Rp50," ujarnya. 

Uang hasil jualan es digunakan untuk jajan dan menabung. Saat SMP, dia menggunakan keahliannya melucu untuk mendapatkan tambahan uang. Beranjak remaja, Sule yang pernah ikut sanggar seni dan tari ini juga pernah mengamen di jalanan.  

"Dari kecil abah keras, saya kabur ke rumah nenek, enggak betah di rumah, akhirnya di jalan. Mau ngamen atau apa pun," ucap Sule.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: