10 Tips Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis supaya Sukses

Suparjo Ramalan · Sabtu, 27 November 2021 - 14:35:00 WIB
10 Tips Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis supaya Sukses
10 tips memaksimalkan media sosial untuk bisnis supaya sukses.

JAKARTA, iNews.id - Media sosial bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Karena itu, Anda bisa memaksimalkan media sosial untuk bisnis supaya sukses

Selain produk makin dikenal, ada banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapat dengan memaksimalkan media sosial untuk bisnis. Misalnya, memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan, membantu melibatkan dan menjangkau audiens baru, membangun otoritas, mendorong pelanggan melihat situs web Anda hingga meningkatkan penjualan. 

Singkatnya, menciptakan strategi media sosial yang praktis dapat mendorong pertumbuhan bisnis kecil Anda dengan membina hubungan yang langgeng dan loyal dengan pelanggan. Untuk memastikan kehadiran produk Anda di media sosial dikelola dengan kualitas dan konsisten, gunakan panduan gaya media sosial untuk melacak banyak elemen yang berbeda.  

Nah, berikut ini 10 tips memaksimalkan media sosial untuk bisnis, dikutip dari Digital Marketing Institute:

1. Pilih Media Sosial yang Tepat

Ada beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan bisnis. Beberapa media sosial tersebut, di antaranya Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter. Mayoritas pakar menyarankan untuk memilih media sosial yang paling populer, serta yang tepat tergantung pada audiens dan tujuan Anda.

2. Tetapkan Tujuan

Aktif di media sosial memiliki sejumlah manfaat untuk bisnis Anda, dan ada banyak hal yang dapat Anda capai dengan kehadiran media sosial. Ini termasuk melakukan layanan pelanggan, melibatkan pelanggan, meningkatkan prospek, memperluas audiens Anda, mendorong penjualan, meningkatkan trafik web, mendapatkan wawasan seerta umpan balik yang berharga, dan banyak lagi.

Namun Anda harus memiliki tujuan untuk dicapai dan harus membuat strategi untuk mencapainya. Teknik Anda untuk mendorong penjualan, misalnya, akan berbeda dari pendekatan Anda untuk meningkatkan penawaran layanan pelanggan Anda. Jadi, penting untuk mengetahui tujuan yang ingin Anda capai.

3. Susun Strategi 

Setelah Anda tahu tujuan yang ingin dicapai, Anda harus membuat rencana untuk mencapainya. Mulailah dengan menunjuk orang yang akan menjadi bagian dari tim media sosial, dan pisahkan peran dan tanggung jawab mereka.

Anda juga harus memutuskan frekuensi postingan Anda, dan membuat kalender konten yang akan membantu merencanakan postingan dan kapan di-posting. Penjadwalan ini adalah bagian besar dari strategi Anda. Tentukan audiens Anda, konten seperti apa yang harus dibuat, kapan dan di mana konten akan dipublikasikan.

4. Buat Rencana Pembuatan Konten

Mengetahui audiens Anda sangat penting dalam hal menemukan kesuksesan dengan melibatkan media sosial. Ini karena minat dan kebutuhan audiens Anda akan menentukan jenis konten yang harus Anda bagikan dan cara Anda melibatkan pengikut Anda. Beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang audiens Anda termasuk usia, lokasi, jenis kelamin, tujuan, kesukaan, kebutuhan, perilaku, tantangan, dan kesulitan.

Tidak peduli siapa audiens Anda, konten yang Anda bagikan harus selalu berkualitas tinggi dan relevan. Anda harus menyelidiki jenis konten populer dan memprioritaskan video, gambar, dan jenis konten visual lainnya sesering mungkin karena ini disukai oleh semua demografi dan pemirsa.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: