Tak Terima Dipecat Samsung, Pria Ini Hidup di Menara Selama 30 Tahun

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 08:00 WIB
Tak Terima Dipecat Samsung, Pria Ini Hidup di Menara Selama 30 Tahun

Kim Yong Hee (61) hidup di atas menara sebagai bentuk protes terhadap Samsung. (Foto: BBC)

SEOUL, iNews.id - Kim Yong Hee, mantan pegawai Samsung Electronics protes atas pemecatan terhadap dirinya. Pria berusia 61 tahun itu hidup di atas menara lalu lintas setinggi 20 meter di pusat kota Seoul.

Kim mengaku dipecat sekitar 30 tahun lalu oleh Samsung. Dia tak terima karena dipecat gara-gara membentuk serikat buruh di perusahaan raksasa teknologi tersebut. Sejak saat itu, dia menggelar aksi protes dan tidak turun sampai hak-hak pekerja ditingkatkan.

Aksi Kim mendapat perhatian dari Samsung. Juru bicara Samsung mengatakan, pria tersebut dipecat karena dinilai melanggar aturan perusahaan.

"Keselamatan Tuan Kim adalah prioritas utama kami dan kami sudah melakukan negosiasi. Berbeda dengan tuduhan yang beredar, Tuan Kim diberhentikan sesuai aturan yang berlaku. Samsung menyesalkan situasi tersebut dan berusaha menyelesaikan isu ini," kata juru bicara Samsung, dikutip dari BBC, Selasa (26/5/2020).

Terpisah, Pewaris Samsung, Lee Jae Yong sebelumnya telah meminta maaf akibat kebijakan hubungan industri perusahaan selama ini. Dia berjanji akan memperbaiki hak-hak pekerja Samsung.

Lee mengakui perusahaan telah melanggar aturan dan kode etik di masa lalu. Salah satunya yang kerap diprotes aktivis selama berabad-abad soal larangan pekerja untuk berserikat. Aksi Kim menjadi simbol dari perlawanan itu.

"Saya meminta maaf kepada semua orang yang terluka oleh isu serikat pekerja di Samsung," kata Lee dilansir AP.

Editor : Rahmat Fiansyah