Tesla Siap Bangun Pemurnian Lithium untuk Baterai Mobil Listrik di Texas

Aditya Pratama ยท Sabtu, 10 September 2022 - 19:19:00 WIB
Tesla Siap Bangun Pemurnian Lithium untuk Baterai Mobil Listrik di Texas
Raksasa mobil listrik Tesla tengah mengevaluasi kelayakan fasilitas pemurnian lithium hidroksida di pantai teluk Texas. (Foto: Craig Adderley/Pexels)

TEXAS, iNews.id - Raksasa mobil listrik Tesla tengah mengevaluasi kelayakan fasilitas pemurnian lithium hidroksida di pantai teluk Texas. Menurut surat Tesla ke Kantor Pengawas Keuangan Texas, pabrik itu akan fokus pada pengembangan baterai lithium hidroksida dan menjadi yang pertama dari jenisnya di Amerika Utara.

Jika permohonan Tesla disetujui, konstruksi dapat dimulai pada kuartal keempat 2022. Proyek ini akan beroperasi secara komersial pada kuartal keempat tahun 2024.

Mengutip CNBC International, Sabtu (10/9/2022) perusahaan akan memproses bahan bijih mentah dapat digunakan untuk produksi baterai, kemudian mengirimkan lithium hidroksida ke berbagai pabrik pembuatan baterai Tesla. 

Pada bulan April, CEO Tesla Elon Musk mengatakan, perusahaan mungkin perlu masuk ke pemurnian lithium karena biaya logam yang melonjak. Menurut indeks pelacakan dari Benchmark Mineral Intelligence, harga lithium naik 120 persen tahun ini. 

Langkah Tesla juga kemungkinan merupakan upaya untuk mendiversifikasi pasokan produksi lithium dan baterainya. China mengendalikan lebih dari setengah pemrosesan dan pemurnian lithium dunia, dan Amerika Serikat hanya 1 persen.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda