Undur Diri dari ASN, Pemuda Ini Pilih Pulang Kampung dan Sukses Bangun Bisnis

Viola Triamanda ยท Kamis, 08 Desember 2022 - 23:40:00 WIB
Undur Diri dari ASN, Pemuda Ini Pilih Pulang Kampung dan Sukses Bangun Bisnis
Nofi Bayu Darmawan, CEO & Founder PT Kampung Marketerindo Berdaya (Komerce). (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Jika ditanya perihal pekerjaan impian masyarakat Indonesia, tentu menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satunya.

Namun berbeda dengan Nofi Bayu Darmawan. Pria asal Purbalingga yang telah lolos menjadi ASN ini, malah memilih berhenti dari pekerjaannya dan pulang ke kampung halaman. 

Dikutip dari berbagai sumber oleh MPI, Nofi mengatakan bahwa berhenti menjadi PNS adalah keputusan terberat dalam hidupnya. Meskipun sempat ditentang keluarga, Nofi kukuh mengikuti pilihan hatinya untuk kembali ke kampung halaman. 

Setelah mengajukan pengunduran diri dan diproses selama 6 bulan, Nofi kemudian pulang ke kampung halamannya di Purbalingga dan membangun bisnis.

Berkat support dari keluarga dan orang-orang terdekat, Nofi mulai memfokuskan dirinya untuk menyebarkan ilmu ke anak-anak di sekitar kediamannya pada tahun 2017. 

Awalnya, Nofi memulai semuanya dengan membentuk sebuah kelompok untuk berbagi ide dan membagikan ilmu yang dia miliki perihal e-commerce. 

Nofi memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan bisnis khususnya penggunaan teknologi dalam berbisnis. Dia berharap anak-anak di kampungnya dapat merintis bisnis dan memasarkan bisnisnya secara online. 

Menariknya, ilmu yang dishare oleh Nofi adalah ilmu yang diperoleh dari pengalaman dirinya sendiri. Pasalnya ilmu e-commerce khususnya digital marketing sudah dikaji oleh Nofi sejak dibangku perkuliahan. 

Karena pada saat itu Nofi telah mulai berbisnis dengan menjadi penjual barang secara online. Bahkan pendapatannya saat itu cukup untuk membantu keuangan kedua orangtuanya. 

Niat tulusnya berbagi ilmu melalui komunitas yang didirikannya semakin lancar. Pasalnya komunitas yang dibentuknya telah berkembang menjadi besar dan sukses. Bahkan saat ini Nofi dapat memperkerjakan ratusan karyawan melalui PT Kampung Marketerindo Berdaya (Komerce).
 
Selain bertujuan untuk mendapatkan profit, Nofi juga memiliki harapan mulia yaitu semua orang yang dibantunya melalui start up miliknya bakal memiliki bisnis yang turut sukses.

Untuk informasi, Komerce adalah sebuah start up dimana bertujuan untuk melakukan digitalisasi UMKM. Selain itu juga mulai membantu UMKM dalam menyediakan tim e-commerce untuk memaksimalkan bisnis mereka di internet. 

Walaupun sulit dan berliku, keputusan Nofi untuk berhenti menjadi ASN dan terjun ke dunia bisnis berujung kesuksesan baginya. Nofi kini dikenal sebagai CEO dan Founder Komerce yang mampu memberdayakan generasi muda di kampungnya dan menghasilkan perputaran uang sebesar Rp1,3 miliar per bulan.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda