Venue PON XX Rp1,3 Triliun Akan Dihibahkan ke Pemprov Papua

Rina Anggraeni ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 17:29:00 WIB
Venue PON XX Rp1,3 Triliun Akan Dihibahkan ke Pemprov Papua
Venue PON XX Rp1,3 triliun akan dihibahkan ke Pemprov Papua.

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal kekayaan negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menghibahkan sejumlah venue olahraga gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua senilai Rp1,3 triliun kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Direktur Barang Milik Negara DJKN Encep Sudarwan mengatakan, DJKN akan semaksimal mungkin mendukung percepatan hibah barang milik negara (BMN) prasarana dan sarana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemprov Papua. Menurutnya, setidaknya ada delapan venue senilai Rp1,3 triliun yang akan dihibahkan. 

"Yang dihibahkan sementara ada delapan, kurang lebih Rp1,3 triliun. Ada akuatik, Istora, kriket, dan lain-lain. Ini yang akan kita serahkan dan sudah diproses," kata dia dalam video virtual, Jumat (8/10/2021).

Terkait Surat Keputusan (SK) hibah venue tersebut, dia mengungkapkan akan keluar dalam waktu dekat. Dia berharap hibah ini menambah aset barang milik daerah (BMD) dan agar bisa dirawat dan tidak terbengkalai.

Dia pun berharap pembangunan infrastruktur utama dan pendukung pada event PON XX bisa memberikan manfaat sosial ekonomi kepada masyarakat Papua dan sekitarnya. Tidak hanya untuk pelaksanaan PON, tapi juga secara jangka panjang.

"Pemerintah mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Papua untuk selalu menjaga, merawat, dan memanfaatkan sebaik-baiknya fasilitas yang telah dibangun," ujarnya.

Sementara Kepala Kanwil DJKN Papua, Papua Barat, dan Maluku Nikodemus Sigit mengatakan, penyelenggaraan PON XX menumbuhkan dampak ekonomi dan sosial yang baik bagi masyarakat di Papua dan sekitarnya, seperti kontribusi UMKM lokal pada penyelenggaraan festival dan bertumbuhnya pedagang UMKM di kawasan sekitar venue olahraga.

"Pemerintah berharap penyelenggaraan PON XX Papua dan Peparnas XVI akan mampu meningkatkan  pertumbuhan ekonomi Papua," ucapnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda