Wuhan, Dulu Pusat Pandemi Sekarang Pusat Industri

Jeanny Aipassa ยท Kamis, 15 April 2021 - 08:23:00 WIB
 Wuhan, Dulu Pusat Pandemi Sekarang Pusat Industri
Pemandangan Kota Wuhan dari ketinggian. Reuters

WUHAN, iNews.id - Selalu ada hikmah di balik musibah. Pepatah ini tampaknya pantas disematkan kepada Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Pasalnya, dulu Wuhan dikenal sebagai pusat pandemi Covid-19, sekarang dikenal dunia sebagai pusat industri di China.

Setelah terpuruk dan mati suri akibat pandemi Covid-19 setahun lalu, kini Wuhan berubah menjadi kota industri utama di China, bahkan menjadi magnet bagi investor global. 

Menurut Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, sejak Mei 2020, tepatnya setelah Kota Wuhan dinyatakan bebas dari kasus Covid-19, lebih dari 300 perusahaan Fortune 500 (perusahaan teratas) telah datang ke Wuhan untuk pembicaraan bisnis. 

Upaya Pemerintah China untuk menghidupkan kembali Wuhan tak sia-sia. Sejumlah perusahaan terkenal dunia seperti Mitsubishi dari Jepang dan Honeywell dari Amerika Serikat, kini berinvestasi di Wuhan. 

Pada akhir 2020, jumlah total perusahaan penanaman modal asing di Wuhan telah melebihi 7.200, dan jumlah dari 500 perusahaan teratas telah melampaui 300. 

Wang menjelaskan, lebih dari 360 perusahaan dari 50 negara dan wilayah, juga telah berdiri di Wuhan. Fakta tersebut menempatkan Wuhan sebagai peringkat pertama kota industri di China tengah.  

Tak hanya itu, Wuhan juga menjadi pusat layanan dari sisi transportasi dan distribusi. Layanan kereta barang China-Eropa dari Wuhan mencakup 34 negara dan 76 kota di benua Eurasia, dan tingkat peti kemas beratnya adalah yang tertinggi di China. 

Dari sisi hubungan diplomatik, Wuhan yang setahun lalu menjadi momok dunia, kini berubah menjadi primadona yang menarik minat banyak negara. Prancis, Amerika Serikat, Republik Korea, dan Inggris telah membentuk konsulat jenderal di Wuhan. Rusia juga telah memutuskan untuk membentuk konsulat jenderal yang baru di Wuhan. 

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2