Yuk, Kenali Profesi dan Gaji Copywriter di Indonesia

Rina Anggraeni ยท Sabtu, 26 Februari 2022 - 15:35:00 WIB
Yuk, Kenali Profesi dan Gaji Copywriter di Indonesia
Profesi copywriter saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan media, broadcasting, maupun marketing. Simak profesi dan gaji copywriter di Indonesia. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Profesi copywriter saat ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan media, broadcasting, maupun marketing. Oleh karena itu, banyak yang mencari tahu terkait profesi dan gaji copywriter di Indonesia.

Profesi copywriter bekerja sebagai perangkai kata dan konten kreatif dengan tujuan mempromosikan atau menginformasikan suatu produk atau jasa, dan berhubungan erat dengan citra perusahaan atau brand tertentu. 

Pekerjaan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan mulai dari surat kabar, TV, radio dan berbagai media online lainnya. Lingkup kerja copywriter cukup luas, mulai dari membuat slogan sebuah brand, sampai membuat script dialog iklan televisi. 

Dari membuat caption online shop sampai menyusun kata-kata untuk suatu poster acara. Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang menyukai suasana bebas, suka belajar hal yang baru, atau kamu yang kurang cocok dengan pekerjaan rutin yang sama setiap hari.

Mengutamakan kenyamanan pembaca, seorang copywriter harus mengerti keinginan para pembaca yang umumnya tidak mau repot melihat semua tulisan. Buatlah susunan kalimat yang tepat, perhatikan paragraf, judul dan sub judul.

Kemudian, kemampuan berbahasa Inggris juga perlu dimiliki oleh profesi ini, terutama dari segi penguasaan kosakata dan struktur kalimat (grammar). Sebab, teks iklan tak hanya menggunakan bahasa lokal melainkan juga Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Seorang copywriter harus membuat konten yang sesuai dengan tipe produk yang akan dikonversi, mampu membuat konten yang dapat direspon pasar, tujuan utama copywriting adalah respon pasar. Oleh karena itu, copywriter yang baik harus benar-benar pandai membungkus sebuah penjualan menjadi sebuah nilai manfaat pada audiens.

Gaji copywriter di Indonesia sesuai dengan jenjang karirnya. Semakin lama pengalamannya di bidang ini maka gajinya juga semakin banyak. 

Gaji copywriter freelance sekitar Rp250.000 per jam, sedangkan fresh graduate tergantung Upah Minimum Regional (UMR) masing-masing daerah. Sementara itu, gaji copywriter senior sekitar Rp15 juta per bulan.

Berikut daftar gaji copywriter di Indonesia:

1. Gaji Copywriter Jakarta

Di ibu kota, gaji yang diperoleh copywriter cukup besar. Rata-rata gaji yang diterima oleh copywriter adalah Rp4.097.642.

2. Gaji Copywriter Surabaya

Gaji copywriter di kota metropolitan dan industri ini diperkirakan berada di kisaran Rp4.606.025.

3. Gaji Copywriter Tangerang

Gaji yang diterima copywriter di wilayah yang bertetangga DKI Jakarta ini berada di kisaran Rp3.024.500.

4. Gaji Copywriter Bandung

Seorang copywriter yang bekerja di Bandung akan mendapatkan gaji sekitar Rp2.859.449.

5. Gaji Copywriter Yogyakarta

Meski dikenal sebagai daerah dengan nominal UMR yang rendah. Namun, hal tersebut tidak serta merta berlaku dalam semua bidang pekerjaan. Gaji copywriter di Yogyakarta berada pada kisaran Rp2.668.801.

Itu tadi ulasan mengenai profesi dan gaji copywriter di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan terkait copywriter.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda