Bakal Diserbu Investor, Ini Profil BUMN Sektor Kesehatan dan Telekomunikasi yang Akan IPO di BEI

Aditya Pratama ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 20:18:00 WIB
 Bakal Diserbu Investor, Ini Profil BUMN Sektor Kesehatan dan Telekomunikasi yang Akan IPO di BEI
Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, iNews.id - Sekitar 14 perusahaan dan anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari ke-14 BUMN tersebut, perusahaan dari sektor kesehatan dan telekomunikasi dinilai bakal diserbu investor. 

Untuk sektor kesehatan, terdapat dua perusahaan atau anak usaha BUMN yang akan IPO, yakni PT Pertamina Bina Medika (Persero) atau Pertamedika (Indonesia Healthcare Corporation) dan PT Bio Farma (Persero).

Analis Binaartha Sekuritas, M Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, rencana IPO yang dilakukan perusahaan plat merah di sektor kesehatan tersebut, sangat berprospek, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Menurutnya, Indonesia ke depannya harus bersiap dengan mutasi Covid-19 atau virus-virus lainnya, sehingga saham-saham perusahaan sektor kesehatan dan farmasi tetap diminati investor karena kelangsungan bisnis yang menjanjikan. 

Apalagi perusahaan farmasi kini terus berinovasi dengan teknologi untuk menghadirkan vaksin, obat-obatan, dan peralatan kesehatan yang dapat menyebuhkan dan membantu mengatasi penyebaran Covid-19.

"Peningkatan teknologi di bidang sektor healthcare itu sangat penting, ya ini sudah waktunya apalagi kita sebagai negara berkembang untuk memajukan sektor healthcare," ujar Nafan.

Kemudian, terdapat dua perusahaan atau anak usaha BUMN yakni di sektor telekomunikasi, yaitu PT Dayamitra Telekomunikasi (Persero) atau Mitratel dan PT Telkom Data Center (Persero).

Terkait rencana IPO perusahaan BUMN di sektor telekomunikasi, Nafan mengungkapkan, prospeknya sangat bagus karena di masa pandemi sektor digital berkembang pesat, dan infrastruktur menjadi salah satu pendukungnya.

"Telekomunikasi, ini juga bagus ya bagian dari infrastruktur dalam hal pengembangan digitalisasi dan komunikasi saya pikir ini juga anak usaha Telkom, saya pikir bisa mendukung Telkom dari penetrasi pasar," kata Nafan.

Berikut profil perusahaan BUMN sektor kesehatan dan telekomunikasi yang akan melakukan IPO:

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2