Caplok Rabobank Indonesia, BCA Tunggu Restu Pemegang Saham

Djairan · Senin, 27 Juli 2020 - 20:45 WIB
Caplok Rabobank Indonesia, BCA Tunggu Restu Pemegang Saham

BCA menungu restu para pemegang saham atas rencana mengakuisisi bank asal Belanda, Rabobank Indonesia. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) alias BCA akan mencaplok bank asal Belanda, Rabobank Indonesia. Akuisisi dilakukan lewat anak usaha BCA yang sudah bergulir sejak Desember 2019.

Atas rencana tersebut, BCA akan meminta restu para pemegang saham sebagai tahap awal. Langkah ini bertepatan dengan akan diadakanya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis (30/7/2020).

"Kamis 30 Juli ini akan ada RUPSLB, di sanalah kita akan meminta persetujuan dari para pemegang saham untuk bisa menyetujui rencana tahap pertama, yaitu akuisisi,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Jakarta Senin (27/7/2020).

Pada rencana semula, pencaplokan Rabobank Indonesia akan dilakukan lewat BCA Finance, anak usaha BCA. Namun, melalui proses persetujuan pemegang saham di RUPSLB nanti, maka wacana tersebut masih harus melalui proses pembahasan lebih lanjut.

“Mau dimerger ke siapa yang penting ke salah satu anak perusahaan kita, itu nanti step kedua. Saat ini kita belum discuss, kita tunggu dulu persetujuan dari para pemegang saham untuk proses pertama, yaitu akuisisi bank. Kita kalau menapak enggak bisa langsung loncat step, satu-satu dulu kita selesaikan lompatannya secara berirama,” kata Jahja.

Pada Juni lalu, perkiraan sementara nilai akuisisi Rabobank sekitar Rp500 miliar. Lebih tinggi dari perkiraan pada Desember 2019 sebesar Rp397 miliar. BCA memastikan akan menggunakan kas internal sepenuhnya untuk membeli Rabobank Indonesia yang berasal dari laba ditahan.

Upaya tersebut untuk mendukung perampingan jumlah bank di Indonesia yang menjadi salah satu program Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BCA akan menjadikan Rabobank Indonesia mendukung pengembangan anak usaha perseroan lain dengan opsi penggabungan.

Dalam rancangan akuisisi sementara, BCA akan memiliki 99,999973 persen saham Rabobank. Sementara sisanya 0,000027 persen akan dimiliki BCA Finance.

Editor : Dani Dahwilani