Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik, Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Rilo Pambudi ยท Selasa, 27 September 2022 - 21:11:00 WIB
Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik, Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan
Contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik berikut ini menarik untuk disimak. Meski sepele, membuat email yang baik untuk kepentingan bisnis ternyata penting untuk memberikan kesan profesional.

Memiliki email yang baik dan profesional akan membuat suatu perusahaan dinilai memiliki keseriusan dalam manajemennya. Sayangnya, masih banyak yang belum begitu mengerti akan pentingnya email bisnis mulai dari pemilihan nama hingga pengiriman yang profesional.

Bahkan, tidak jarang dijumpai email bisnis masih dikirim menggunakan email pribadi. Padahal, seurel tersebut bisa diartikan sama dengan surat secara formal untuk mewakili lembaga atau perusahaan tertentu.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa contoh email untuk kepentingan bisnis. Namun sebelum itu, perlu diketahui dulu hal yang harus diperhatikan dalam sebuah email bisnis.

1. Menentukan Nama Alamat Email untuk Bisnis

Menentukan nama email untuk kepentingan bisnis itu sebenarnya tidak sulit. Tetapi jika email sudah berhubungan dengan branding bisnis, pemakaian nama alamat surel tersebut tidak dapat sembarangan.

Lantas, bagaimana cara paling efektif dalam menentukan nama email bisnis? Pemakaian nama email intinya haruslah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja memakai nama divisi ataupun departemen perusahaan. Selain itu, bisa juga memakai nama asli pegawai

Dalam bisnis, umumnya mempunyai divisi dan departemen yang berbeda-beda. Berikut contoh nama email bisnis memakai divisi ataupun departemen perusahaan:

recruitment@mncmedia.com
hrd@mncmedia.com
marketing@mncmedia.com

Nama email bisnis juga bisa menggunakan nama pegawai yang bersangkutan di divisi yang dimaksud. Misalnya:

bagas.recruitment@mncmedia.com
bagus.hrd@mncmedia.com
ayu.marketing@mncmedia.com

2. Menulis Subjek yang Jelas

Subjek adalah bagian yang pada email, khususnya email bisnis. Sebab, subjek email umumnya adalah hal pertama yang akan dilihat oleh penerima surel.

Pastikan subjek email berisi pesan penting atau hal pokok yang menjadi inti pesan yang disampaikan. Hindari menulis subjek menggunakan kalimat panjang. Misalnya, jika ingin mengirim pesan berupa tagihan, maka cukup pakai subjek dengan kata 'Invoice'.

3. Perkenalkan Diri

Saat pertama kali mengirim email, maka pengirim harus memperkenalkan diri. Pengirim bisa mencantumkan nama dan jabatan atau posisinya. Ini akan memberikan kesan baik yang kepada penerima email.

4. Sampaikan Maksud dan Tujuan

Pastikan untuk tidak bertele-tele dalam menyampaikan maksud dan tujuan dalam email bisnis tersebut. Dianjurkan untuk memakai bahasa yang efektif dan sopan agar mudah dipahami oleh penerima.

5. Cek Kembali Sebelum Mengirim

Setelah email siap dikirim dan telah sudah tersusun dengan baik, jangan lupa untuk membaca ulang dan mengeceknya sebelum mengirim.

Hal ini penting untuk menghindari adanya kesalahan kecil yang mungkin dapat menjadi fatal. Perhatikan tanda baca, format penulisan, atau penulisan alamat dan nama penerima.

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis

Email untuk kepentingan bisnis misalnya adalah email undangan meeting. Dalam email undangan meeting, jangan lupa untuk menyebutkan keperluan rapat tersebut. Misalnya, "Meeting evaluasi bulanan". 

Contoh Email Undangan Meeting

Subject : Undangan Meeting Evaluasi Bulanan

Isi Email:

Kepada Tim Marketing PT XXXX

Seperti telah disampaikan pada email sebelumnya mengenai evaluasi dan target bulanan, kami mengundang marketing untuk menghadiri meeting yang akan membahas tentang evaluasi dan rencana proyek bulan depan. Adapun jadwal meeting adalah sebagai berikut:

Tempat : Gedung A

Waktu : 10.00 – 12.30 WIB

Dress Code : Rapi

Demikian undangan yang kami berikan. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan meneruskan email ini.

Best Regard,

[Nama Pengirim Email] 

[Jabatan Pengirim Email]

Contoh Email Menerima Kerjasama

Subjek: Update Penerimaan Kerjasama

Isi Email:

Kepada PT Maju Jalan, 

Setelah membaca keseluruhan proposal dan portofolio yang Anda sampaikan, bersama email ini kami sampaikan bahwa kami tertarik untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan PT Maju Jalan. Pembahasan mengenai isi dan nilai kerja sama dan penyusunan kontrak kerja sama akan dilakukan pada meeting berikutnya yang akan dikirimkan setelah ini. 

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih, semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik. 

Best Regard,

[Nama pengirim email]

[Jabatan pengirim email]

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda