Contoh Email Bahasa Inggris Lengkap dengan Format dan Terjemahannya

Kezia Veronica Corne · Senin, 08 Agustus 2022 - 18:07:00 WIB
Contoh Email Bahasa Inggris Lengkap dengan Format dan Terjemahannya
Belajar Contoh Email Bahasa Inggris

JAKARTA, iNews.id – Contoh email bahasa inggris perlu kamu ketahui untuk digunakan sebagai referensi. Email adalah surat elektronik yang sama kegunaannya dengan surat namun bisa dikirim secara online.

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya sampai saat ini masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menulis email yang baik, terutama dengan bahasa Inggris. Padahal, email banyak digunakan untuk kepentingan formal maupun informal.

Format Penulisan Contoh Email Bahasa Inggris

Dalam menulis email, terdapat format penulisan yang harus diperhatikan seperti menulis surat resmi. Meskipun format email tampak sederhana dibandingkan dengan surat resmi yang ditulis tangan.

Umumnya, email terdiri atas tiga bagian ini. Berikut format penulisan email bahasa Inggris.

  • 1.      Salutation (Salam Pembuka)

Dalam penulisan email bahasa Inggris, salam pembuka biasanya menggunakan kata Dear Mr/Ms atau nama orang yang akan kita tuju. Jika tidak tahu nama yang akan dituju, bisa menggunakan jabatan, seperti Dear HRD Manager atau To Whom it May Concern.

Hal yang perlu diingat dalam menuliskan salam pembuka untuk email resmi, sebaiknya tidak menggunakan kata Hello atau Hi. Penggunaan kata tadi bersifat informal sehingga cocok untuk email yang bersifat pribadi atau tidak resmi.

  • 2.      Body Paragraph (Isi)

Penulisan email yang bersifat resmi haruslah singkat, padat, dan jelas. Biasanya isi email resmi hanya terdiri satu atau dua paragraf dengan beberapa kalimat di dalamnya. Tidak lupa untuk menuliskan kata terima kasih setelah mengakhiri paragraf.

  • 3.      Closing (Penutup)

Sama seperti salam pembuka, salam penutup juga perlu dituliskan. Biasanya salam penutup yang digunakan adalah Thank You, Best Regard, atau Sincerely, yang diikuti dengan nama pengirim.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda