Jangan Sampai Stres! Begini Cara Jitu Bebas dari Pinjaman Online

Rina Anggraeni ยท Jumat, 18 Maret 2022 - 14:35:00 WIB
Jangan Sampai Stres! Begini Cara Jitu Bebas dari Pinjaman Online
Jangan sampai stres! begini cara jitu bebas dari pinjaman online. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Ada beragam cara jitu bebas dari pinjaman online (pinjol) yang bisa Anda lakukan. Dengan terlepas dari pinjol, hidup Anda akan lebih tenang dan tidak stres.  

Banyak orang tergiur melakukan pinjaman lewat pinjol karena persyaratannya yang mudah dan cepat. Bahkan, Anda juga tidak perlu menjaminkan apa pun,  cukup KTP dan berapa dokumen pendukung saja.

Sayangnya, kemudahan tersebut justru membuat Anda bisa terjerat utang pinjol. Pasalnya, pinjol biasanya memberikan bunga yang tinggi.   

Cara Jitu Bebas dari Pinjaman Online

Bagi Anda yang sudah terlanjur utang ke pinjol dan ingin bebas, berikut ini beberapa cara jitu bebas dari pinjaman online yang bisa Anda lakukan: 

1. Lunasi Utang Tepat Waktu

Anda harus melunasi utang di pinjol tepat waktu untuk menghindari konflik atau masalah dengan pihak pemberi pinjaman. Melunasi utang bertujuan untuk menghindari bunga yang mungkin terus bertambah dan denda jika utang tak dibayar tepat waktu.

Selain itu, membayar utang tepat waktu, maka akan terbentuk kredit skoring yang baik. Hal ini dianggap sebagai risiko rendah dan kemungkinan bunga bisa turun.

2. Hindari Utang Baru

Jangan pernah melakukan pinjaman atau utang baru sebelum Anda melunasi utang sebelumnya. Jika Anda melakukan pinjaman sebelum utang lama selesai, maka akan memperburuk kondisi keuangan Anda. 

3. Negosiasi dengan Peminjam

Cara jitu bebas dari pinjaman online lain yang bisa Anda lalukan adalah menegosiasikan solusi kepada pemberi pinjaman untuk meringankan proses pelunasan utang. Cobalah untuk mengurangi bunga atau meminta perpanjangan tenor atau waktu pinjaman. Misalnya, yang sebelumnya 6 bulan menjadi 12 bulan, sehingga Anda memiliki waktu lebih lama untuk melunasinya. 

Jika Anda menunjukkan itikad baik dan komitmen melunasi utang Anda tepat waktu, mungkin saja pemberi pinjaman bisa menyepakati perpanjangan waktu pelunasan pinjaman.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda