Makin Marak Terjadi, Ini Solusi Keluar dari Jeratan Pinjol ala Ustaz Adi Hidayat

Aditya Pratama ยท Jumat, 05 November 2021 - 10:35:00 WIB
Makin Marak Terjadi, Ini Solusi Keluar dari Jeratan Pinjol ala Ustaz Adi Hidayat
Ilustrasi pinjaman online. (Foto: dok Indodana)

JAKARTA, iNews.id - Kasus pinjaman online (pinjol) belakangan ini semakin marak terjadi di masyarakat. Dibutuhkan solusi untuk keluar dari jeratan pinjol yang saat ini justru menyulitkan peminjamnya.

Terkait hal tersebut, Ustaz Adi Hidayat memiliki solusi untuk masyarakat agar bisa keluar dari jeratan pinjol. Menurutnya, persoalan ini bisa ditinjau dari dua pendekatan, yang mana pendekatan pertama adalah dari sisi keagamaan dengan konsep zakat, infaq, shadaqah (ZIS).

"Sekarang kita mencari solusi, kita kan tidak hanya bisa mengatakan, kalau ini hukumnya haram, solusinya apa? ada dua pendekatan disini, pendekatan pertama pendekatan keagamaan. di Islam kita punya konsepsi yang kita kenal dengan ZIS, zakat, infaq, shadaqah," ujarnya dikutip dari channel YouTube Adi Hidayat Official.

- Konsep ZIS

Ustaz Adi Hidayat menyampaikan, Allah Subhanahu wa ta'ala telah memberikan bimbingan konsep ZIS, baik melalui Al-Qur'an dan hadits-hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Konsep ini bisa diterapkan untuk mengentaskan persoalan-persoalan finansial yang dialami oleh sebagian dari umat muslim.

Menurutnya, jika konsep ZIS dibangun dan dipraktikkan dengan benar, dia miliki keyakinan yang sangat kuat bahwa tingkat kemiskinan atau kesenjangan dalam ekonomi pasti akan ditekan dan semakin berkurang, termasuk terbebas dari jeratan pinjol.

Adapun Ustaz Adi Hidayat menyebut konsep zakat menurut Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam yaitu "diambil dari kalangan orang-orang yang mampu telah memenuhi rukun dan syaratnya kemudian di tempat itu disalurkan lagi kepada orang-orang yang berhak menerima dengan kualifikasi tertentu di daerah itu."

"Kalau kita gunakan porsinya di BAZNAS atau di lazis, atau ormas juga punya lazis, Muhammadiyah punya LazisMU, NU punya LazisNU, kemudian juga ormas-ormas yang lain belum nanti di institusi-institusi juga punya badan zakatnya sendiri. Jadi, kalau kita bangun konsepsi dengan sinergi baik, saya kira Insya Allah akan banyak membantu tinggal nanti ada pendataan siapa yang berhak mengeluarkan zakat dan menerimanya," kata dia.

- Metode Anshar-Muhajirin (AMIN)

Kemudian, Ustaz Adi Hidayat menyampaikan, dengan menggunakan metode Anshar-Muhajirin (AMIN) bisa menjadi salah satu solusi keluar dari jeratan pinjol, dimana hal tersebut merupakan spirit dari Al-Qur'an yang sangat baik dan dia pun menerapkannya.

Dia menjelaskan, konsep ini merupakan ajaran Islam yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wassalam, dimana Nabi mendapatkan petunjuk dari Allah SWT untuk mempersaudarakan kaum Muhajirin Mekkah yang mengalami kesulitan saat berhijrah, dengan Kaum Anshar Madinah yang berada dalam kondisi yang relatif lapang.

"Jadi dengan semangat seperti golongan Anshar yang dipersaudarakan sesuai dengan kebutuhannya apapun demikian seterusnya sampai kita bisa membangun sifat toleransi yang sangat luar biasa dan sifat tolong-menolong yang sangat tinggi," tuturnya.

- Peran dan fungsi sosial

Pendekatan kedua, Ustaz Adi Hidayat menyampaikan pentingnya penerapan peran dan fungsi sosial sebagai solusi untuk masyarakat keluar dari jeratan pinjol. 

Menurutnya, dengan adanya Kementerian Sosial dan turunannya di setiap daerah yaitu Dinas Sosial dapat berperan untuk membantu masyarakat yang kesulitan.

"Ada Dinsos-dinsos, ini barangkali penting untuk kita sebagai masyarakat berperan aktif untuk mengakses kira-kira apa yang bisa diambil manfaat dari peran-peran dinsos terkait aspek-aspek kebutuhan materi bagi masyarakat Indonesia," ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel: