Paripurna DPR Resmi Tetapkan Doni Primanto Deputi Gubernur BI

Michelle Natalia ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 17:33 WIB
Paripurna DPR Resmi Tetapkan Doni Primanto Deputi Gubernur BI

DPR resmi menetapkan Doni Primanto Joewono sebagai deputi gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020-2025. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi menetapkan Doni Primanto Joewono sebagai deputi gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2020-2025, dalam rapat paripurna, Kamis (16/7/2020). Doni menggantikan Erwin Riyanto yang habis masa jabatannya.

Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto menyatakan dalam pemberian persetujuan DPR dapat meminta Calon Gubernur, Deputi Senior Gubernur dan Deputi Gubernur Bank Indonesia untuk presentasi menyangkut visi, pengalaman, keahlian atau kemampuan, serta hal-hal yang berkaitan dengan moral dan akhlak

"Setelah mendengarkan masukan, saran dan pendapat dari seluruh fraksi, Rapat Internal Komisi XI DPR RI memutuskan secara musyawarah mufakat untuk Saudara Doni Primanto Joewono sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2020-2025," ujar Dito di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Dia melanjutkan Rapat Konsultasi Pengganti Rapat Bamus antara Pimpinan DPR RI dan Pimpinan Fraksi-fraksi 19 Juni 2020 memutuskan untuk menugaskan Komisi XI DPR RI melaksanakan pembahasan dengan Deputi Gubernur Bank Indonesia baru.

"Demikian Laporan Komisi XI DPR RI terhadap pembahasan Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia, selanjutnya kami mengharapkan agar Rapat Paripurna DPR RI pada hari ini dapat memberikan persetujuan atas hasil pembahasan Pencalonan Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2020-2025," katanya.

Sebagai informasi, Doni Primanto lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 1965. Dia m,enempuh pendidikan Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada 1988 dan melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Indonesia jurusan Administrasi pada 2004.

Doni memulai kariernya di Bank Indonesia sebagai analis di Departemen Pengelolaan Moneter pada 1991 dan melanjutkan karir di bidang statistik.

Pada 2005-2008 Doni diberikan kesempatan untuk menjadi Peneliti Ekonomi Senior di Kantor Perwakilan BI London, dan kembali bertugas di Jakarta di Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Pada awal kariernya dia banyak terlibat dalam membangun sistem pengelolaan moneter, seperti mempersiapkan terbitnya obligasi Pemerintah, membangun sistem pelaporan Lalu Lintas Devisa (LLD), dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Rakornas TPID.

Bersama kepala daerah dia mendapat penghargaan sebagai TPID terbaik di Solo tahun 2012 dan DKI Jakarta tahun 2017. Saat ini Doni menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia, setelah sebelumnya dipercaya oleh Gubernur Bank Indonesia tiga kali memimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Solo, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Doni memiliki pengalaman pada bidang ekonomi dan keuangan regional, sistem keuangan, manajemen intern, sektor riil dan UMKM, serta strategi organisasi dan manajemen Sumber Daya Manusia. Doni juga telah mengikuti Program Pendidikan Lemhannas pada 2018.

Editor : Dani Dahwilani