294.160 Orang Belum Terima Subsidi Gaji

Michelle Natalia ยท Sabtu, 09 Januari 2021 - 17:00:00 WIB
294.160 Orang Belum Terima Subsidi Gaji
Masih ada sebagian penerima yang belum memperoleh bantuan subsidi gaji dari pemerintah. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Program subsidi gaji tahun lalu sudah berakhir. Namun, masih ada sebagian penerima yang belum memperoleh bantuan tunai sebesar Rp2,4 juta itu.

Plt Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Tri Retno Isnianingsih menyebut, subsidi gaji untuk 294.160 orang hingga kini belum tersalurkan. 

"Data tersebut saat ini masih dalam tahap rekonsiliasi dengan Bank Himbara sebagai bank penyalur untuk mendapatkan hasil penyaluran yang rill," kata Tri, Sabtu (9/1/2021).

Dia mengatakan, Kemnaker terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan supaya subsidi gaji tersebut bisa diberikan kepada pekerja atau buruh yang belum menerima. Pasalnya, sisa anggaran sudah dikembalikan ke kas negara pada 31 Desember lalu.

"Kita juga terus berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan, melakukan perbaikan sisa data rekening yang belum dapat tersalurkan. Hal ini dilakukan sebagai upaya apabila sisa penerima yang belum tersalurkan dimungkinkan dapat dilanjutkan proses penyaluran nya di tahun ini," tuturnya.

Tri menambahkan, penyerapan anggaran subsidi gaji 2020  mencapai Rp29,42 triliun. Angka tersebut setara 98,81 persen dari pagu Rp29,77 triliun. Dengan demikian, ada selisih sekitar Rp350 miliar yang masuk sisa anggaran.

"Sisa anggaran subsidi gaji atau upah yang belum tersalurkan telah dikembalikan ke kas negara pada tanggal 31 Desember 2020. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah